Tanya Dokter

  • penyebab kulit wajah yang kemerahan, gatal, kering, dan beruntusan

  •  Bunga Khalifa
    Anggota

    malam dok 

    baru 3 hari ni kulit muka saya seperti nya iritasi , muka nya berawal dari memerah lalu gatal dan agak sedikit beruntusa . tadi pagi kulit muka saya jadi sangat kering  hingga ke kelopak mata kering . saya penderita penyakit kulit dermatitis dan setiap bulan selalu kambuh pada bagian legan / leher  . bagaimana ya dok cara mengatasi kulit muka saya ? apabila saya cuci muka dengan sambun bayi boleh gak ? 

    Halo selamat siang Bunga.

    Kondisi kulit wajah yang kemerahan, gatal, kering, dan beruntusan dapat disebabkan oleh iritasi kulit wajah, misalnya akibat bahan dasar perawatan kulit ataupun kosmetik yang anda gunakan. Selain akibat iritasi, kelainan yang anda alami tersebut juga dapat terjadi karena reaksi alergi, dermatitis atopik (eksim atopik), dll. 

    Untuk mengetahui secara pasti penyebab dari keluhan yang anda alaami, diperlukan pemeriksaan secara langsung. Oleh karena itu kami menyarankan agar anda memeriksakan kulit anda kepada dokter spesialis kulit untuk penanganan lebih lanjut. Dokter mungkin akan menganjurkan penggunaan perawatan wajah dengan bahan tertentu untuk kondisi kulit anda saat ini. Sementara menunggu jadwal bertemu dengan dokter kulit, berikut beberapa anjuran yang dapat anda lakukan:

    • hindari penggunaan kosmetik wajah untuk sementara waktu
    • hindari penggunaan perawatan kulit dan sabun yang mengandung alkohol dan parfum
    • hindari kulit wajah dari terpapar sinar matahari langsung (misalnya dengan menggunakan topi, kacamata hitam, menggunakan masker penutup, dsb
    • konsumsi banyak air putih, 8-10 gelas per hari
    • sementara anda dapat mencuci muka menggunakan sabun bayi, namun tetap memilih yang tidak mengandung parfum. Ada dapat mencoba sabun untuk new-born baby atau untuk bayi baru lahir, yang biasanya tidak mengandung parfum dan alkohol serta bersifat hipoalergenik
    • gunakan air dengan suhu normal untuk membilas wajah, hindari membilas wajah dengan menggunakan air panas

     

    Sekian, semoga membantu.

    Salam, dr. Denisa