Tanya Dokter

  • Mengatasi anak yang tidak memiliki uvula selain operasi

  •  Mutiyaad
    Anggota

    Dok ,anak saya yg kedua tidak mempunyai ivula dan kata dokter yg menangani anak saya,dia harus di operasi pas umur dan berat badannya sudah cukup .yang mau saya pertanyakan ,jika anak saya tidak di operasi apa akan ada dampaknya sampai dia besar ?

    Hai Mutiyaad,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Mungkin yang dimaksud adalah uvula.

    Uvula adalah suatu tonjolan di dalam rongga mulut yang menggantung dan berasal dari perpanjangan palatum mole (langit-langit mulut yang lunak di bagian belakang). Uvula ini penting fungsinya untuk mencegah makanan dan minuman yang Anda konsumsi agar tidak naik ke rongga hidung. Dengan cara ini, uvula secara tidak langsung bisa membantu mencegah peradangan di rongga hidung, sinus, dan juga telinga (karena antara mulut dan telinga terhubung melalui tuba Eustachius). Uvula juga dilapisi oleh lapisan mukosa (selaput lendir) yang secara aktif menghasilkan lendir guna menjaga kelembaban di area mulut. Lebih lanjut, uvula juga membantu dalam proses bicara.

    Dengan mengetahui fungsi uvula sebagaimana disebutkan di atas, maka bisa disimpulkan berbagai gangguan yang bisa timbul akibat tidak adanya uvula, di antaranya:

    • Iritasi dan infeksi telinga berulang, yang bila tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan ketulian permanan atau juga penjalaran infeksi ke organ lain yang jauh
    • Iritasi rongga hidung dan sinus, yang bisa juga berujung pada gangguan penciuman, hidung berair atau tersumbat, nyeri kepala, nyeri wajah, bau mulut tidak sedap, serta sering mimisan
    • Iritasi tenggorokan, yang bisa juga memicu sesak, batuk, tersedak, sesak napas, sulit tidur, dan sebagainya
    • Gangguan bicara, dan sebagainya

    Tidak terbentuknya uvula umumnya terjadi berkaitan dengan kelainan kongenital (bawaan lahir), yakni akibat ketidaksempurnaan dalam proses pelipatan dan penyatuan jaringan tubuh. Kondisi ini sesungguhnya merupakan bagian dari palatum sumbing namun kelainannya hanya di ujungnya. 

    Penanganan definitif yang bisa dilakukan bagi anak yang tidak memiliki uvula dilakukan dengan operasi. Operasi ini umumnya dilakukan setelah penderita memenuhi kriteria rule of 10, yakni minimal berusia 10 minggu, minimal memiliki berat badan 10 ponds, dan minimal memiliki kadar hemoglobin 10 mg/dL. Konsultasikan langsung dengan dokter anak yang merawat anak Anda terkait penanganan terbaik guna mengatasi kondisiyang anak Anda alami ya..

    Semoga membantu.

     

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah