Tanya Dokter

  • efek samping sering minum jamu untuk melancarkan menstruasi

  • assalamu'alaikum, dok apakah jamu tradisional kunci sirih itu membuat rahim kering? terutama bagi perempuan yang belum pernah hamil?

    karena untuk memperlancar menstruasi, saya satu bulan sekali minum jamu kunci sirih. jika tidak minum, menstruasi saya bisa mundur 5 hari atau lebih. jika meminum jamu, menstruasi saya teratur dan sesuai dengan siklus menstruasi.

    terimakasih.

    Walaikumsalaam. Halo, selamat pagi Eny.

    Daun sirih merah telah lama dikenal masyarakat karena manfaatnya untuk kesehatan. Beberapa manfaat daun sirih yang diketahui antara lain sebagai antiseptik dan menghambat gigi berlubang. Sebagaimana jenis tanaman lainnya, daun sirih juga biasa dijadikan ramuan herbal / jamu, salah satunya adalah yang anda tanyakan, yakni jamu kunci sirih, yang terdiri dari bahan dasar temu kunci dan daun sirih. Sebagaimana ramuan herbal lainnya, pada jamu kunci sirih belum ada penelitian ilmiah yang memadai perihal kebermanfaatannya, begitupun efeknya yang menyebabkan rahim menjadi kering. Anda juga perlu berhati-hati ketika mengkonsumsi jamu kunci sirih maupun jamu herbal lainnya, karena kebanyakan ramuan herbal tidak menjalani proses pengawasan sebagaimana obat-obatan medis yang beredar. Padahal, proses pengawasan ini merupakan proses yang amat penting untuk memantau efek samping yang tidak diinginkan yang dapat terjadi akibat konsumsi ramuan herbal tersebut. Cermatlah dalam memilih jamu herbal yang hendak dikonsumsi, salah satunya adalah dengan mengecek bahwa jamu hermal tersebut telah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) RI, karena produk yang telah terdaftar oleh BPOM RI adalah produk yang telah melewati serangkaian uji coba ilmiah dahulu untuk melindungi masyarakat dari kemungkinan kandungan zat-zat berbahaya. 

    Perihal keluhan anda yakni menstruasi yang tidakt teratur, dapat disebabkan oleh beberapa kondisi:

    • ketidakseimbangan hormon akibat usia, yakni usia yang masih muda (pubertas) dan usia tua saat pre-menopause
    • stress psikis
    • penggunaan kontrasepsi (pil, kb suntik)
    • aktivitas fisik yang terlalu berat
    • penurunan  berat badan atau peningkatan berat badan yang drastis
    • kelebihan berat badan / obesitas
    • penyakit pada saluran reproduksi, misalnya pada sindroma polikistik ovarium (PCOS), kista indung telur (ovarium), mioma, dan lain-lain
    • penyakit hormonal tertentu, seperti pada gangguan hormon tiroid
    • dan lain sebagainya

    Jika ketidakteraturan haid yang anda alami terus berlanjut, terlebih jika disertai adanya nyeri perut hebat saat menstruasi maupun perdarahan yang sangat banyak, maka anda disarankan untuk memeriksakannya ke dokter, terutama dokter spesialis kandungan (obsgyn). Dokter akan melakukan penggalian keluhan, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti USG atau lab darah jika diperlukan. 

     

    Sekian, semoga membantu.

    Salam, dr. Denisa