Tanya Dokter

  • Penyebab pergerakan janin kurang aktif saat puasa

  • Siang dok, saya seorang ibu hamil umur 22th usia kandungan saya 22w, saat ini saya sedang berpuasa, pertanyaan saya dari hari pertama puasa janin kurang aktif seperti biasanya lalu saya periksa ke bidan, kata bidan janin baik2 aja detakjantungnya normal , lalu kemarin ko janin saya gerakannya kurang aktif lagi tidak seperti biasanya ya, padahal 2hari yg lalu janin saya gerakan nya aktif walaupun tidak sekencang sebelum saya berpuasa, apa yang harus saya lakukan dok??? Apakah karena saya berpuasa janin jadi kurang aktif? Mohon penjelasannya dok. Terimakasih

    Halo, Diyah Hardiyanti, terima kasih sudah bertanya pada Alodokter.

                Wanita hamil dapat mulai merasakan gerakan janinnya saat usia kehamilan antara 13-25 minggu. Normalnya, janin bergerak minimal 10x dalam 2 jam. Janin bisa bergerak lebih aktif atau tidak tergantung pada beberapa faktor di bawah ini:

    1.     Posisi ibu

    2.     Janin kurang oksigen

    3.     Kadar gula darah ibu atau kurangnya nutrisi yang sampai ke janin. Puasa bisa mempengaruhi kondisi ini.

    4.     “jam tidur” janin

    5.     Rangsangan dari luar (suara)

    6.     Kondisi fisik maupun psikologis ibu dan janin secara umum.

    Nanti semakin tua usia kehamilan seharusnya aktivitasnya makin sering dan gerakannya terasa lebih keras, namun jika janin sudah besar, tempat di rahim semakin sempit sehingga gerakannya akan agak berkurang.

    Beri rangsangan seperti di bawah ini:

    1.     Beri rangsang suara gaduh (musik yang keras, atau kencangkan suara tv)

    2.     Berbaring miring kiri dapat meningkatkan aliran darah sehingga memicu janin aktif bergerak

    3.     Posisikan diri ibu ke posisi yang tidak nyaman, hal ini membuat janin juga merasa tidak nyaman sehingga ia akan bergerak

    4.     Minum air dingin atau makan makanan manis

    Catat gerakan janin setiap harinya pada jam yang sama. Misalnya mulai jam 10 pagi, berapa lama waktu yang diperlukan untuknya melakukan 10 gerakan. Yang perlu dikhawatirkan adalah jika gerak janin menjadi sangat berkurang atau tidak ada, atau tetap tidak bergerak setelah dirangsang seperti di atas, maka segeralah periksa ke dokter untuk dipastikan dengan pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang seperti USG untuk dicek denyut jantung janin, cairan ketuban, dan lainnya.

    Puasa bagi ibu hamil merupakan hal yang tidak ringan, sehingga tetap cukupi kebutuhan cairan dan nutrisi, dan sebaiknya membatasi aktivitas agar janin dan ibu tetap sehat dan bugar. Berikut ini ada tips menjalani puasa bagi ibu hamil, dapat dibaca untuk menambah informasi.

    Sekian, semoga bermanfaat yaa.

    Salam, dr. Sarah Rizqia.