Tanya Dokter

  • Penyebab jantung berdebar hingga napas terasa sesak

  •  elis lastri
    Anggota

    Dok sya mau tanya awal.x sya kna gers tp jantung sya berdebar" trus dan napas agak sesak trus sya krmh skt dah 3 kli tp tdk ada perkembangan smpai akhir.x sya d beri obat jantung yg nama.x bisoprolol fumarate sma ranitidi dan sucralfate ..dan sya nanya sma dokter.x apa sya pnya penyakit jantung dan dokt jawab tidak tp sya msih bertanya" mungkin dokter bisa jelas kab

    Selamat siang, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Gejala jantung berdebar dan napas sesak bisa disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah:

     

    Pada kasus Anda, yang Anda maksud mungkin GERD, dan memang asam lambung bisa menimbulkan gejala mirip gangguan jantung seperti yang Anda sebutkan. Dalam menentukan hal ini, dokter biasanya melakukan pemeriksaan berkenaan jantung terlebih dahulu seperti tes darah, EKG atau rekam jantung, ECG, juga rontgen. Bila setelah pemeriksaan tersebut tidak didapatkan kelainan pada jantung, maka memang kemungkinan penyakit jantung bisa disingkirkan.

    Kemudian, obat yang diberikan pada Anda memang fungsinya adalah untuk menurunkan kadar asam lambung, melindungi lapisan lambung dan untuk menurunkan kerja jantung sehingga tidak terasa berdebar. Namun Anda juga harus menopangnya dengan gaya hidup yang baik, seperti menjaga berat badan ideal, tidak menunda makan, tidak makan terlalu dekat dengan waktu tidur, menghindari makan makanan pedas, asam, berminyak dan minum minuman berkafein, dan menghindari stress juga asap rokok.

    Bila setelah pemeriksaan dikatakan jantungnya normal, tidak ada masalah pada paru-paru, Anda sudah mengonsumsi obat dengan rutin, dan gaya hidup Anda sudah baik namun gejala tersebut menetap, Anda bisa kembali pada dokter penyakit dalam untuk mengevaluasi kondisi yang menimpa Anda, dan mulai mempertimbangkan kemungkinan gangguan yang berada pada ranah mental seperti serangan panik. Bila dokter Anda menyatakan demikian, maka dokter yang tepat untuk menangani Anda adalah psikiater. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa