Tanya Dokter

  • Sakit perut kiri hingga tembus kebelakang disertai muntah

  • Malam dok... Ibu saya belakangan ini sering sakit perut bagian kiri dan tembus ke belakangnya, dia juga kadang muntah tapi katanya yg keluar itu cuman kayak asap rokok dia juga nggak mau manan nazi

    Selamat siang, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Keluhan pada perut sebelah kiri yang tembus kebelakang bisa terjadi karena beberapa kemungkinan, diantaranya adalah:

     

    Meskipun muntah merupakan gejala pada sistem pencernaan, namun mungkin saja muncul pada kondisi diatas. Sehingga karena masih banyaknya kemungkinan, untuk bisa menentukan kondisi ibu Anda dibutuhkan pemeriksaan langsung oleh dokter umum yang mendalam dengan menanyakan lebih rinci riwayat kesehatan dan kebiasaan ibu Anda, pemeriksaan fisik yang berfokus pada area perut dan pinggang, serta pemeriksaan penunjang seperti tes urin, tes darah dan mungkin USG. Bila dirasa rumit atau masih membingungkan, dokter Anda mungkin akan merujuk ibu Anda pada dokter penyakit dalam.

    Sementara itu, sampaikan pada ibu Anda bahwa tetap harus ada yang dimakannya meskipun nafsu makannya berkurang karena muntah. Tidak masalah bila itu hanya beberapa sendok, namun perutnya harus tetap diisi agar tidak malah muncul penyakit lain. Berikan air hangat dan oleskan balsam hangat atau berikan kompres hangat pada bagian yang nyeri, dan bila masih juga muntah, maka sebaiknya segera bawa ibu Anda ke rumah sakit. Semoga ibu Anda lekas sembuh.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa