Tanya Dokter

  • Jerawat tumbuh kembali setelah berhenti pakai obat dokter

  •  Mutty Najjlaa
    Anggota

    Dok, umur saya 16th.saya mulai berjerawat smenjak umur 14th.menurut saya jerawat saya termasuk parah,dari jerawat kecil kemerahan sampe dengan jerawat batu, sekarang sudah mulai tumbuh di punggung juga.5 bulan yang lalu saya konsultasi ke dokter dan melakukan perawatan,dokter memberikan obatan yang berupa gel mengandung clindamycin phosphate (medi-klin), pencuci muka T.Aw , selain itu juga melakukan peeling stiap 2 minggu sekali.dokter menyarankan agar saya melakukan pengobatan selama 4 bulan,setalah dua bulan saya rasa sudah ada perubahan dan saya konsultasi lagi pd dokternya, setelah konsultasi dokter menggantikan gel tadi dengan cream siang-malam,karna saya masih sekolah(berjilbab) dan sering beraktivitas di tempat terbuka dan sering terkena paparan matahari dokter memberi cream tsb, agar belang dikulit wajah saya hilang.saat pengantian obat saya rasa jerawat saya kembali tumbuh dok, namun setelah beberapa minggu pemakaian jerawatnya mulai reda kembali,sesudah 4 bulan dan saya kira jrwat saya sudah mulai berkurang saya berhenti menggunakan gel/cream dari dokter, namun masih memakai pencuci mukanya.namun seminggu setelah berhenti jerawat saya kembali tumbuh, dan saya kira semakin parah dari sebelumnya.menurut dokter apakah saya harus berkonsultasi lagi kepada dokter yg tsb tadi ? Menurut dokter saya harus menggunakan gel atau cream siang/malam ?

    Halo,   Ya Anda harus kembali berkonsultasi kepada dokter yang merawat Anda. Pada prinsipnya perawatan kulit wajah yang berjerawat tidak bisa dihentikan secara mendadak seperti yang Anda lakukan. Memerlukan penurunan dosis obat secara bertahap agar mencegah terjadinya efek rebound (jerawat tumbuh lebih parah dari sebelumnya) yang akan lebih sulit untuk diatasi. Selain itu merawat kulit wajah berjerawat adalah usaha yang perlu dilakukan secara kontinu/ terus menerus. Beberapa tips perawatan wajah yang bisa Anda lakukan adalah :

    1. Bersihkan wajah minimal 2-3 kali sehari dengan sabun yang sesuai jenis kulit.
    2. Oleskan salep/ krim sesuai dengan kondisi keparahan jerawat Anda(komedo/ jerawat batu) dan sesuai dengan anjuran dokter.
    3. Bersihkan segera keringat Anda untuk mencegah tumbuhnya jerawat baru.
    4. Bersihkan rambut setiap hari agar mencegah iritasi pada wajah.
    5. Hindari dan kelola stress Anda.
    6. Bersihkan make up sebelum tidur
    7. Gunakan make up non comedogenik
    8. Gunakan masker (jika perlu) 2 kali dalam seminggu.
    9. Hindari memencet jerawat Anda.
    10. Istirahat cukup
    11. Makan gizi seimbang, perbanyak asupan buah dan sayur.
    12. Hindari terekpsose sinar matahari secara berlebihan yang bisa memperburuk jerawat.
    Baca topik Jerawat Semoga membantu.   dr. Yusi