Tanya Dokter

  • Penggunaan madu untuk menghilangkan jerawat

  •  azkaaulia
    Anggota

    dok saya mau tanya, kulit wajah saya selalu berjerawat, sampai berbekas juga dan menahun, apakah boleh menggunakan propolis dalam penyembuhan jerawat dan menghilangkan bekas nya?

    Halo Azkaaulia, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Propolis merupakan suatu produk yang dihasilkan oleh lebah melalui campuran antara getah dari tumbuhan dan cairan dari tubuh lebah sendiri. Propolis dipercaya memiliki aktivitas antibakteri, antivirus, antijamur, dan antiperadangan.

    Penelitan yang ada mengenai penggunaan propolis untuk pengobatan jerawat belum merupakan penelitian besar, sehingga penggunaannya belum direkomendasikan secara medis. Meskipun demikian, penelitian-penelitian kecil menunjukkan bahwa propolis memiliki efek antibakterial yang dapat membantu mengatasi infeksi P. acnes (bakteri penyebab jerawat). Selain itu propolis juga dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat sehingga bagus digunakan pada jerawat yang sedang meradang. Tidak terdapat penelitian yang menunjukkan efektivitas penggunaan propolis dalam mengurangi atau menghilangkan bekas jerawat.

    Meskipun demikian, perlu diketahui juga bahwa propolis memiliki risiko menyebabkan alergi pada orang yang sensitif. Oleh karena itu bila anda hendak menggunakan produk ini, sebaiknya anda melakukan hal berikut ini terlebih dahulu:

    1. Oleskan sedikit propolis pada kulit di bagian belakang telinga, diamkan semalaman
    2. Bila tidak ada reaksi alergi, oleskan sedikit pada kulit pelipis di samping mata, diamkan semalaman
    3. Bila tidak ada reaksi juga, maka kemungkinan produk ini aman untuk anda gunakan
    4. Bila setelah penggunaan anda merasa kulit anda menjadi gatal, panas, bengkak, segera cuci wajah anda dengan air dan jangan gunakan produk ini lagi

     

    Bila memang anda merasa sangat terganggu dengan jerawat anda, anda juga dapat berkonsultasi dengan Dokter Kulit untuk mendapat evaluasi dan tata laksana yang lebih sesuai.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

    dr. irna cecilia