Tanya Dokter

  • Cara mengatasi jerawat batu yang sudah menahun

  •  Sidiiq NUur
    Anggota

    Dok saya wanita berumur 21 tahun dan sudah menikah. Jadi wajah saya dari umur 15 tahun sudah mengalami masalah jerawat batu. Segala merek obat dan kosmetik sudah saya coba facial muka pun sudah sering saya lakukan.. Sebelum facial terlebih dulu saya konsultasi kepada dokter. Dokter bilang jerawat dimuka saya tinggal parut dan minyak. Tapi sekarang muka saya jadi kendur, banyak bopeng, lalu dibawah pipi ada segerombol jerawat yg sudah bantat dan itu sudah bertahun2 tidak mau hilang dan berasa gatal dan terkadang sakit.. Kira2 itu apa ya dok?

    Selamat malam, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Jerawat batu dikenal juga dengan jerawat komedo dan ditandai mudahnya dengan bentuk jerawat yang lebih besar dan lebih mencolok ketimbang jerawat pada umumnya. Meski secara bentuknya terlihat lebih mengganggu, namun penyebab munculnya jerawat batu sedikit banyak sama dengan penyebab munculnya jerawat biasa, yakni peningkatan hormon androgen, pori-pori yang tersumbat, infeksi bakteri, polusi, wajah berminyak, perubahan hormon khususnya pada wanita hamil, menstruasi atau yang menderita sindrom kista ovarium.

    Jerawat batu tidak bisa ditangani sesederhana menangani jerawat biasa. Anda harus menjalani pemeriksaan oleh dokter kulit atau ahli dermatologis untuk menangani urusan ini. Setelah menjalani pemeriksaan, diantara kemungkinan penanganan yang bisa Anda dapatkan adalah:

    • Antibiotik atau obat yang membantu mengontrol bakteri pada wajah
    • Asam salisilat yang berguna mencegah terjadinya penyumbatan pada folikel rambut pada wajah
    • Dapsone, untuk mengatasi jerawat yang meradang
    • Isotretinoin, untuk menekan produksi kelenjar minyak dan mengurangi peradangan
    • Spironolakton, yang bekerja dengan menghambat hormon androgen
    • Retinoid/vitamin A untuk mengatasi pori tersumbat dan membantu kerja antibiotik
    • Terapi lainnya, seperti peelingkortikosteroidterapi laser dan fotodinamik

     

    Kami mengerti bahwa Anda sudah mencoba melakukan segala cara namun Anda masih belum mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Masalahnya kami tidak mengetahui apa saja yang sudah Anda coba dan sudah sejauh mana perubahan yang Anda alami mulai dari pertama kali jerawat tersebut muncul pada usia 15 tahun hingga sekarang. Karena itu saran kami sebaiknya Anda berfokus pada satu klinik kecantikan yang memang memiliki kredibilitas baik atau pada satu dokter kulit untuk menangani masalah kulit Anda, dan bila hasilnya masih belum memuaskan, Anda datang lagi ke dokter yang sama untuk penanganan lebih lanjut dan selalu konsultasikan pada dokter Anda bila Anda ingin mencoba perawatan lain. Anda juga bisa menanyakan pada dokter Anda mengenai jerawat yang sudah bertahun-tahun tersebut untuk dapat dipastikan apakah itu betul jerawat ataukah kondisi lainnya.

    Sementara itu, tidur dan istirahat lah yang cukup, hindari asap rokok, polusi dan debu, hindari stress, berolahraga yang rutin, jaga kebersihan tangan, hindari memencet jerawat, cuci muka dengan sabun berbahan dasar sulfur minimal 2x sehari, gunakan tabir surya ketika akan terkena sinar matahari, dan hindari mengaplikasikan wajah dengan produk yang mengandung minyak. Semoga menjawab pertanyaan Anda.

    dr. Amadeo D. Basfiansa