Tanya Dokter

  • penyebab dan mengatasi jerawat

  •  Kamazia
    Anggota
    Dok saya bingung saya sudah berusaha mengurangi makan yang berlemak tapi muka saya tambah jerswatan dan lengan jugs betis saya makin besar

    Hallo Kamazia

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Jerawat sebenarnya disebabkan oleh berbagai macam hal, misalnya masalah kesimbangan hormonal, alergi atau iritasi kulit, penggunaan kosmetik tertentu, stres berlebihan. Memang pengaturan diet yang buruk bisa menyebabkan munculnya jerawat ini, biasanya dikaitkan dengan konsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi. Tetapi yang anda perlu pahami, diet yang tidak teratur dengan asumsi konsumsi lemak diturunkan juga sebenarnya tidak baik. Meskipun konsumsi lemak mempengaruhi jerawat, tetapi lemak juga menjadi bahan esensial yang diperlukan untuk tubuh. Sehingga diet berlebihan juga akan menyebabkan gangguan nutrisi dan justru mengganggu kesehatan kulit anda (jerawat jadi lebih mudah timbul). Jika anda ingin menurunkan berat badan (karena anda merasa betis anda terlalu besar), maka sebaiknya anda melakukan pengaturan pola makan yang disertai dengan pengaturan aktivitas (olahraga). Selain itu, anda juga harus paham, bahwa masih banyak faktor lain yang bisa menyebabkan jerawat. Selama faktor ini masih ada, maka jerawat yang anda alami bisa tetap muncul. Jadi memang anda harus menjaga asupan makanan (dengan pengaturan yang baik), menjaga diri dari stres, dan hindari penggunaan bahan kosmetik yang tidak cocok untuk kondisi wajah anda dan tetap menjaga kebersihan wajah anda.

    Jika kondisi ini masih berlanjut, sebaiknya anda memeriksakan diri anda dan berkonsultasi pada dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

    Semoga jawaban ini membantu anda.

     

    dr. Aldy Valentino