Tanya Dokter

  • Efek samping jika feses mengenai kulit penis

  •  rian65
    Anggota

    siang dok,dok saya ingin bertanya saya mempunyai adik laki laki sekitar umur 15 thn dia sedang maaf buang air besar trus tidak sengaja kotoran nya mengenai penis nya dia takut kenapa2 dok tolong dijelaskan yaa dokter terima kasih

    Hai rian65,

    Terimakasihtelah bertanya ke Alodokter.

     

    Pada feses dan anus biasanya terdapat banyak mikroorganisme yang berpotensi menyebabkan infeksi apabila berkontak dengan kulit, termasuk juga kulit penis. Infeksi ini bisa menyebabkan kulit penis menjadi gatal, kemerahan, berbintil-bintil, atau juga berair dan bernanah.

    Di samping itu, mungkin juga mikroorganisme penyebab infeksi ini naik ke saluran kemih melalui lubang penis. Kondisi ini kemudian bisa memicu infeksi saluran kemih yang bisa ditandai dengan nyeri saat buang air kecil, anyang-anyangan (buang air kecil sering, sedikit-sedikit, dan tidak tuntas), urin menjadi berwarna keruh, kemerahan, atau berbau menyengat. Bila infeksi ini cukup hebat, penderita bisa juga mengalami demam, nyeri otot dan persendian, lemas, menggigil, dan berbagai keluhan lainnya.

    Apakah ada di antara tanda-tanda di atas yang adik Anda alami? Apabila tidak, kemungkinan kondisinya tidaklah berbahaya. Yang terpenting, ajarkan adik Anda supaya keluhan tidak berulang kembali di kemudian hari. Caranya, yakni dengan lebih berhati-hati dalam membersihkan kemaluan pasca BAB. Bilas kemaluan dengan air bersih dari arah depan ke belakang (kemaluan ke anus), bukan sebaliknya. Bilas hingga anus dan kemaluan benar-benar bersih, kemudian keringkan dengan baik anus dan kemaluan sebelum berpakaian.

    Namun, apabila muncul tanda-tanda infeksi kulit atau saluran kemih sebagaimana disebutkan di atas, maka Anda sebaiknya mengajak adik Anda memeriksakan keluhannya langsung ke dokter supaya ditangani dengan baik ya..

     

    Infeksi penis

    Merawat penis

    Infeksi saluran kemih

     

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah