Tanya Dokter

  • Telapak kaki sebelah kanan terasa kebal dan betis tegang

  •  agus suhardja
    Anggota

    Kaki sebelah kanan telapaknya kebal dan betisnya tegang apa obatnya

    agus suhardja  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Kaki yang terasa kebal dapat disebabkan karena berbagai penyebab. Kaki yang sering terasa kebal disertai dengan rasa tegang pada betis dapat disebabkan karena beberapa penyebab seperti:

    • Terlalu lelah berakifitas, misalnya setelah olahraga berat
    • diabetes melitus
    • jepitan saraf
    • gangguan pembuluh darah kaki
    • defisiensi vitamin B 12

    Salah satu penyebab yang sering menyebabkan betis tegang dan telapak kaki seperti kebas karena setelah berolahraga. Pada saat setelah olahraga, maka otot akan terbentuk asam laktat, asam laktat dapat menyebabkan terjadinya keram otot dan rasa nyeri pada otot. Selain itu, keram pada betis juga dapat menjalar ke otot dibawahnya sehingga menyebabkan sensasi kebal pada telapak kaki.

    tetapi adanya suatu penyakit seperti diabetes melitus juga dapat menyebabkan telapak kaki menjadi kebas. Hal tersebut disebabkan karena kerusakan saraf pada penyakit diabetes melitus ( kencing manis). Kerusakan saraf tersebut menyebabkan ujung ujung kaki menjadi kebas, kesemutan.

    oleh karena itu, disrankan agar anda tidak konsumsi sembarang obat. Periksakan diri secara langsung ke dokter sehingga dokter dapat mmemeriksa keadaan anda secara langsung terlebih dahulu, dengan demikian nanti dokter dapat memberikan terapi yang tepat. Mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah,  atau ct scan jika memang diperlukan.

    disarankan agar anda melakukan pemanasan saat hendak olahraga. Konsumsi makanan bergizi yang mengadnung tinggi vitamin B seperti kacang kacangan. Berikan kompres hangat pada daerah yang terasa Tegang. Jangan merokok.

    Berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Neuropati

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny