Tanya Dokter

  • Penyebab kaki dan tangan sering kesemutan

  •  ayuznita
    Anggota

    siang dok ☺ saya perempuan umur 26 kerja saya menjaga lansia yg 1/2 lumpuh jadi sering2 angkat dia selama beberapa tahun baik2 saja tapi sekitar 1 bulan ini kenapa saya klw berdiri lama kaki pegal & kesemutan tangan juga ga bisa terlalu lama pegang hp, bahkan kalau pagi bangu tidur jari2 tangan terasa kaku, kira2 gejala penyakit apa yah dok? apa ada hubungan'a dengan kebiasaan mandi saya yg selalu larut malam, sebelumya saya ucapkan banyak terimakasih ?

    Halo, Kesemutan dapat terjadi akibat sesuatu yang ringan tetapi juga dapat terjadi akibat adanya suatu kondisi yang lebih serius. Beberapa penyebab tersering terjadinya kesemutan adalah tertekannya anggota tubuh dalam waktu yang lama, dehidrasi, berada di suhu dingin, kekurangan vitamin B, gangguan nutrisi, kurangnya pasokan darah ke area tubuh tertentu, stress, dll. Tetapi jika kesemutan terjadi berkepanjangan, patut dicurigai adanya penyebab lain seperti adanya gangguan hormonal, diabetes, stroke, carpal tunnel syndrome, dll. Kebiasaan mandi waktu malam dapat menyebabkan terjadinya rematik, merupakan mitos yang beredar di masyarakat. Sampai saat ini penyakit rematik belum diketahui penyebabnya dan bersifat autoimun. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan :

    • Cukupi kebutuhan cairan Anda
    • Perbaiki asupan nutrisi
    • Hindari stress
    • Hindari berada di ruangan dingin dalam waktu lama
    Jika keluhan kesemutan berlangsung lama, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk diperiksa secara lebih lengkap dan diberi penanganan yang sesuai. Silahkan membaca artikel Alodokter berikut tentang kesemutan Semoga membantu, dr. Tri

    ayuznita  ayuznita
    Anggota

    terimakasih dok u/ penjelasannya