Tanya Dokter

  • Penyebab sebagian wajah terasa kaku

  •  Syahruni
    Anggota
    Halo dok. Awalnya saya mengalami migrain selama 2 malam. Migrainnya terasa jika menjelang maghrib. Setelah itu, wajah saya terasa kaku setengah bagian tepatnya sebelah kanan. Mata sebalah kanan tidak bisa tertutup rapat dan berair. Mulut saya terlihat miring jika di buka dan senyum. Lidah terasa tidak bisa mengecap dengan baik. jika dicubit, pipi saya tidak terasa sakit. Kenapa ya dok? Dan bagaimana cara menanganinya? Terima kasih dok😊

    Halo, terima kasih atas kepercayaan anda kepada Alodokter.

     

    Berdasarkan cerita anda, kelainan yang anda alami kemungkinan berhubungan dengan saraf. Beberapa kemungkinan yang mendasari yaitu :

    1. Bell's palsy, yaitu peradangan pada saraf wajah, biasanya mengenai satu sisi. Gejala berupa mulut merot / tertarik ke satu sisi, kelopak mata sebelah tidak bisa ditutup, kebas / mati rasa pada lidah tidak bisa mengecap makanan, serta fungsi kelenjar liur / ludah menurun. Penyakit ini umumnya didahului oleh wajah yang terpapar angin dalam jangka waktu lama, misalnya tidur tersorot langsung oleh kipas angin. Peradangan saraf dapat disebabkan oleh virus seperti virus herpes simplex, varicella zooster.

    2 . Stroke ringan, yaitu gangguan pada pembuluh darah otak, baik sumbatan maupun pecah pembuluh darah. Keluhan mirip Bell's Palsy namun disertai kelemahan anggota gerak, kanan ataupun kiri. Faktor resiko stroke adalah kencing manis, tekanan darah tinggi, kolesterol yang tinggi, riwayat gangguan jantung sebelumnya.

    3. Tetanus, yaitu infeksi yang terjadi oleh kuman Clostridium tetani, di mana akan menghasilkan racun yang menyebabkan seluruh tubuh terasa kaku. Kaku dimulai dari rahang, kemudian menjalar ke seluruh otot tubuh. Tetanus dapat terjadi apabila terdapat luka yang kecil dan dalam, misalnya gigi berlubang, luka tusuk paku.

     

    Anda sebaiknya memeriksakan diri ke praktek dokter terdekat. Dokter perlu memeriksa langsung kondisi anda untuk dapat menentukan penyebab dan penanganan yang tepat.

     

    Anda perlu menggunakan plester penutup luka untuk ditempelkan pada kelopak mata kanan kemudian menutupnya agar mata kanan tidak kering karena tak bisa menutup.

     

    Artikel berikut dapat anda baca untuk menambah wawasan anda.

     

    Sekian penjelasan kami, semoga membantu anda, terima kasih.