Tanya Dokter

  • Masalah kewanitaan

  •  emshy
    Anggota

    Dok saya perempuan umur 25 tahun dan sudah menikah, tinggi 147, bb 68 Mau tanya dok seputar kandungan 1. Awal haid saya umur 12 thn, tp setelah haid pertama saya tidak lg haid sampai 1 thn setelah itu haid saya lancar tp saat haid sering ada darah menggumpal, kira2 itu normal tidak ? Saya juga sering merasa tidak pede karna kadang celana yg saya pakai mengeluarkan bau seperti bau pesing. 2. Saat saya menikah dan melakukan hbgn intim dgn suami saya, haid saya tdk lancar kadang 2 sampai 4 bln tdk haid dan darah yg keluar sangat sedikit padahal sebelum menikah bisa 4x ganti pembalut dlm sehari . Apakah ini normal dok ? 3. Saat melakukan hub intim dgn suami kadang setelah selesai ada rasa sakit di bawah perut dan seperti mengalami BAK yg tertunda, padahal sudah BAK setelah selesai berhbgn intim, kira2 ini penyebabx pa ? 4. 1 bln lebih setelah berhbgn intim (kebetulan suami saya hanya pulang 3 bln sekali karna pekerjaan) saya merasakan gatal di pusar saya, sering mual dan sensitif, tp setelah tes kehamilan hasilx negatif, 3 hr yg lalu saya dapat haid tp hanya seperti bercak darah saja selama 3 hr, kadang bangun pagi ada tp setelah beraktivitas seharian darah tdk keluar, di hari berikut malah kebalikan, ada masalah tidak dgn kandungan saya ? 5. Tlg bantuanx kira2 saya ada menderita penyakit apa dan jika harus berobat ke dokter, dokter apa? Apakah saya bs anak ?

    Halo Emshy, Saya akan merespon berurutan sesuai nomor:

    1. Ketika menstruasi, dinding rahim akan luruh dan keluar melalui vagina. Tentu saat luruh tersebut ada beberapa bagian dinding rahim yang menempel dan membentuk seperti gumpalan. Bau seperti pesing disebabkan karena air seni. Jika anda merasakan ada bau seperti pesing, hal ini bisa disebabkan karena air seni yang mungkin tercampur dengan darah hasil menstruasi.
    2. Gangguan menstruasi yang anda alami tidak normal dimana siklus menstruasi menjadi semakin jarang dan volumenya sedikit disebut dengan oligomenorrhoea, hal ini bisa terjadi karena:
      • Penggunaan kontrasepsi
      • Perubahan berat badan yang drastis
      • Stress
    3. Nyeri setelah berhubungan seks dapat disebabkan oleh beberapa penyebab:
      • Penyakit Menular Seksual (PMS) seperti gonore
      • Keputihan yang tidak normal
      • Gangguan rahim
      • Infeksi vagina (bukan PMS)
    4. Bercak darah bisa disebut sebagai gangguan menstruasi bernama oligomenorrhoea (seperti poin nomer 2). Hal ini bisa disebabkan karena masalah hormonal.
    5. Untuk mengetahui lebih pasti masalah yang anda alami, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan USG. Dokter kandungan juga dapat melihat sel telur dan membantu anda dalam merencanakan kehamilan. Banyak faktor yang dapat menghalangi terjadinya kehamilan, dan itu semua dapat anda cari jawabannya saat memeriksakan diri ke dokter kandungan. Masih terlalu dini untuk menyatakan penyakit anda saat ini.
    Semoga membantu, Dr. Yosephine U. L. Simanungkalit