Tanya Dokter

  • Keluar cairan merah muda dari vagina setelah masturbasi

  • Halo malam dok, saya ingin bertanya, semalam saya masturbasi untuk pertama kalinya dengan pasangan saya, truss tanpa sengaja jarinya terlalu kuat mengesek dok, sehingga saya merasa sakit, truss jari pasangan saya terkena sedikit cairan pra ejakulasi, nah pada malam hari, ada cairan berwana merah muda di celana dalam saya dok, cairan tersebut keluar disebabkan karna apa yah dok ? Apakah karena hamil atau karena adanya infeksi pada vaginanya dok ? Terimakasih, mohon dijawab

    Halo Yosef, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Cairan berwarna merah muda yang keluar dalam jumlah sedikit dapat dikatakan sebagai flek. Flek yang terjadi paska petting (aktivitas seksual yang tidak melibatkan penetrasi) dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan. Beberapa hal yang tidak berhubungan dengan aktivitas seksual anda misalnya:

    1. Menstruasi
    2. Perdarahan ovulasi
    3. Terdapat gangguan lain pada organ reproduksi

    Beberapa yang berhubungan dengan aktivitas seksual anda misalnya:

    1. Perlukaan pada vagina (misalnya bila terdapat luka karena tergesek kuku jari)
    2. Robek pada selaput dara
    3. Infeksi di vagina

     

    Implantasi janin di dalam rahim memang bisa menyebabkan terjadinya flek atau perdarahan ringan, namun tidak akan terjadi segera setelah hubungan seksual. Selain itu, hubungan seksual tanpa penetrasi sangat kecil kemungkinannya bisa menghasilkan kehamilan.

    Bila hanya terjadi sedikit dan berhenti sendiri, kemungkinan perdarahan tersebut disebabkan oleh perlukaan di vagina anda atau terjadi robek di selaput dara. Keduanya tidak memerlukan penanganan khusus dan perdarahan akan berhenti dengan sendirinya. Bila perdarahan yang terjadi sangat banyak, tidak berhenti-berhenti, anda merasakan nyeri pada vagina yang berkelanjutan, nyeri pada perut bawah, terjadi keputihan yang tidak normal, dll, sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke Dokter Kandungan untuk mendapat evaluasi dan tatalaksana lebih lanjut.

    Meskipun risiko terjadinya kehamilan yang tidak diharapkan sangat kecil dengan melakukan petting, namun melakukan petting tetap meningkatkan risiko anda terkena infeksi menular seksual. Oleh karenanya sebaiknya hal tersebut tidak anda lakukan atau pastikan pasangan anda menggunakan kondom untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

    dr. irna cecilia