Tanya Dokter

  • Sakit perut setelah menjalani kemoterapi kanker serviks stadium 3B

  • Dok saya mau tanya Ibuk saya kan kena kanker serviks stadium 3B udah dikemo tapi masih satu kali dok tetapi setelah di kemo pulang kerumah malam nya itu dok ibuk saya terasa perut sakit sekali entah itu kembung entah itu nyeri Saya gk tega dok melihat ibuk saya kesakitan. Bagaimana dok cara menyembukan sakit perutnya ,berapa kali ibuk saya harus kemo dan apa obatnya dok itu penyakit itu # segera di jawab dok karena ini penyakit serius #terima kasih dokter

    Adi Raiza Ilham  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Adi, Sebelumnya perlu saya sampaikan bahwa kanker serviks stadium IIIB berarti bahwa kanker tersebut telah mengalami perluasan hingga ke dinding rongga panggul dan/atau menyebabkan hidronefrosis (penggembungan ginjal) atau ginjal yang tidak berfungsi akibat penyumbatan saluran kencing oleh massa kanker tersebut. Rasa nyeri tersebut dapat disebabkan oleh :

    • Bendungan pada saluran kemih
    • Peradangan pada panggul akibat invasi sel-sel kanker
    Secara umum penanganan kanker serviks terdiri atas :
    • Kemoterapi
    • Radiasi dan atau brakiterapi (menempatkan batangan radium radioaktif langsung pada leher rahim untuk membunuh sel kanker)
    • Operasi
    Mana yang dilakukan umumnya bergantung pada stadiumnya. Pada stadium IIB, III, hingga IVA, artinya sel kanker telah meluas secara lokal, terapi yang dipilih adalah kombinasi radiasi (terapi primer/utama) dan atau brakiterapi dan kemoterapi adjuvan. Jumlah keoterapi yang harus dijalani tergantung pada banyak faktor, umumnya dilakukan tiap minggu selama menjalani radiasi eksternal, jumlah kemo yang dijalani akan sangat tergantung dari kondisi klinis pasien. Sebaiknya tanyakan hal ini pada dokter yang menangani ibu anda. Untuk pengelolaan rasa nyeri, sebaiknya anda bicarakan dengan dokter yang menangani, pasien kanker serviks stadium lanjut seringkali mengalami kesakitan dan membutuhkan pemberian obat-obatan anti nyeri untuk mengurangi gejala. Pada tahap awal, umumnya diperlukan evaluasi mengenai derajat nyerinya. Nyeri pada kanker serviks seringkali moderat hingga berat, umumnya memerlukan analgesik / anti nyeri yang cukup kuat seperti NSAID (misal ; ketoprofen) atau bahkan analgesik opioid seperti tramadol.  Pemilihan anti nyeri pun tergantung pada kondisi klinis pasien dan toleransinya terhadap obat anti nyeri tersebut. kanker serviks demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    Adi Raiza Ilham  Adi Raiza Ilham
    Anggota

    Makasih atas infonya Dok apa obatnya bagi nyeri/ sakit perutnya