Tanya Dokter

  • Apa kanker tenggorokan bisa sembuh tanpa operasi?

  •  Dodi Hartadi
    Anggota

    Malam dok, awalnya mertua saya batuk-batuk dan suaranya menjadi serak dan nyaris gak bisa bicara, setelah diperiksa ke dokter ada kanker di tenggorokannya, pertanyaannya apakah penyakit ini bisa sembuh tanpa operasi? Seberapa cepatkah pergerakan penyakit ini? Yang jadi masalah mertuaku susah utk dibujuk agar ini mesti ditangani secara medis, beliau keukeuh memilih pengobatan alternatif yg saya sendiripun agak kurang setuju, tp saya gak bisa terlalu bisa membujuk beliau... Begitu dok

    Halo,

    Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda satu demi satu yaa..

    1. Penanganan kanker dapat berupa prosedur operasi, radioterapi, maupun kemoterapi. Penanganan kanker dapat berbeda-beda, hal ini tergantung dari lokasi kanker, usia penderita, status kesehatan penderita, dan stadium dari kanker. Jika kanker dideteksi masih stadium awal maka kemungkinan untuk sembuh masih besar. Tetapi jika sudah berada dalam stadium lanjut maka terapi diberikan hanya untuk mengurangi gejala yang muncul.
    2. Kecepatan kanker dalam bermetastase atau menyebar tergantung dari kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh pasien. Jadi tidak dapat diketahui seberapa cepat kanker menyebar.
    Memilih pengobatan alternatif untuk menyembuhkan kanker bukanlah hal yang bijak. Karena bila kanker diobati sedini mungkin apalagi jika kanker masih berada di stadium awal dengan metode yang memang sudah pasti seperti radioterapi maupun kemoterapi, maka angka kesembuhan akan tinggi. Sebaliknya jika periode emas atau golden period ini terlewati, maka tentunya hasilnya tidak akan baik karena yang seharusnya dapat diobati lebih awal, karena memilih pengobatan alternatif maka waktu yang sangat penting ini akan terbuang percuma. Kanker sudah semakin menyebar.

    Banyak kasus pasien yang memilih untuk menjalani pengobatan alternatif untuk mengobati kankernya. Pada awal pengobatan, kanker terlihat hilang saat diperiksa walaupun sebenarnya tidak. Sedangkan proses penjalaran atau metastasis masih terus berjalan. Sehingga pada suatu waktu, pasien tersebut datang ke dokter dalam kondisi sudah stadium lanjut sehingga sudah tidak tertolong lagi.

    Artikel tentang kanker tenggorokan

    Semoga jawaban dari saya dapat membantu ayah Anda dalam mengambil keputusan,

    dr. Tri