Tanya Dokter

  • Mengenai kegunaan arang aktif

  •  almaida
    Anggota
    apakah karbon aktif aman untuk bahan minuman berbahan dasar susu? bagaimana cara penggunaannya agar aman dan bermanfaat bagi kesehatan?

    Hai almaida,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Karbon aktif atau yang lebih umum disebut dengan arang aktif (activated charcoal) adalah zat yang berguna untuk mendekontaminasi saluran pencernaan. Bentuk karbon aktif ini berupa bubuk halus berwarna hitam yang tidak berbau, tidak berasa, dan tidak beracun. Zat ini bisa digunakan pada orang yang menelan atau menyerap racun, baik dari obat atau zat kimia lainnya.

    Menurut beberapa literatur, karbon aktif mampu menyerap hingga 60% substansi racun dari saluran pencernaan, yakni dengan cara mengikatnya, dan menurunkan toksisitasnya. Selanjutnya, karena karbon aktif ini tidak mampu dicerna oleh tubuh, maka ia beserta racun yang diikatnya akan dikeluarkan dari tubuh melalui feses. Namun, karena sifatnya ini, karbon aktif tidak mampu mendetoksifikasi racun yang terlanjur terserap ke dalam tubuh dari saluran pencernaan.

    Karbon aktif semestinya digunakan di bawah pengawasan dokter, jadi tidak boleh sembarangan. Pemeriksaan dokter secara langsung sangat diperlukan untuk menyesuaikan indikasi penggunaan dan dosisnya berdasarkan kondisi pasien dan juga kemungkinan banyaknya racun yang tertelan. Jikalaupun akan dikonsumsi di rumah, tentunya cara konsumsinya harus sesuai dengan resep dokter.

    Beberapa literatur tidak menganjurkan karbon aktif untuk diberikan bersamaan dengan susu. Karena, susu atau produk olahannya (termasuk yoghurt) bisa menurunkan efektifitas kerja karbon aktif tersebut. Namun, untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter di fasilitas kesehatan terdekat ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah