Tanya Dokter

  • Tidak menstruasi selama menggunakan KB suntik 3 bulan

  •  Desniar. S
    Anggota
    Dok saya mau tanya, saya menikah di usia 24 thn, dan saya lngsung hmil anak pertama, stlah melahirkan,dapet 40 hri saya ngsung kb suntik 3 bulan, selama 5 thn, dan selama 5thn itu jg saya tidak mens, setelah itu saya lpas kb krna ingin punya anak ke 2,baru 1 bulan lpas kb saya lngsung hmil lgi, dan saya melakukan kb 3 bln lgi smpai sekarang, dan tdk halangan sm skli, sekarang anak saya yg pertama berumur 11 thn, dan slma 11 thn ini saya mwndapat mens hanya 1 bulan stlah lpas kb yg pertama, yg mau saya tanyakan apakah berbahaya apabila saya melakukan kb 3 bln selama itu tnpa mensturasi, dan apakah saya bisa hamil(kebobolan)walaupun saya msih mekakukan kb 3 bln ini, mohon bantuannya dok, trima ksih
    Desniar. S  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Desniar. S,

     

    Kontrasepsi merupakan salah satu upaya dalam menekan angka kelahiran yang terus meningkat. Kontrasepsi yang tersedia sangatlah bervariasi namun berdasarkan cara kerjanya, kontrasepsi dibedakan menjadi kontrasepsi hormonal dan non hormonal. KB suntik 3 bulan adalah salah satu contoh dari kontrasepsi hormonal.

     

    KB suntik bekerja dengan memberikan suntikan hormon ke dalam tubuh untuk mencegah terjadinya masa subur karena terganggunya siklus hormonal pada tubuh. Namun ada beberapa efek samping terutama akibat penggunaan KB hormonal termasuk suntik KB 3 bulan diantaranya mengalami gangguan siklus menstruasi, gangguan berat badan, perubahan mood, kemerahan pada tubuh ataupun munculnya jerawat.

     

    Dengan tidak terjadinya menstruasi karena penggunaan KB hormonal adalah salah satu hal yang umum dijumpai karena cara kerja KB yang menekan kesuburan. Kehamilan pada penggunaan KB hormonal masih dapat terjadi namun dalam kemungkinan yang sangat kecil karena terganggunya siklus hormonal sehingga masa subur tidak terjadi dan hal ini menurunkan kemungkinan dari terjadinya pematangan sel telur sehingga kehamilan dapat dicegah.

     

    Berikut artikel tentang kelebihan dan kelemahan dari penggunaan KB suntik yang dapat anda simak.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi