Tanya Dokter

  • Darah haid hanya keluar sedikit setelah sebelumnya haid 2 minggu

  • Hallo dok saya novianti, waktu itu saya di suntik tanggal 19 november nah gak lama kemudian saya haid sampe 2mingguan udah gtu bulan berikutnya saya haid tepatnya bulan desember, dan bulan berikutnya bulan januari saya haid juga nah kmren waktu jadwal saya haid malah keluar darah sedikit itu gmna dok apa saya kemungkinan hamil atau tidak?

    Hallo Novianti, Terimakasih atas pertanyaan Anda pada Alodokter

    KB suntik 3 bulan mengandung Depo provera yang merupkan suspensi cairan yang terdiri dari kristal kristal mikro medroksiprogesteron asetat ( DMPA ), dan DMPA merupakan keturunan progesteron, hormon yang memang sudah ada didalam tubuh wanita. disuntikan dengan dosi 150 mg tiap 3 bulan sekali. cara kerja kb suntik 3 bulan adalah mengentalkan leher rahim sehingga sel sperma akan terperangkap dan sulit bergerak ke rahim, mencegah ovulasi atau pengeluaran sel telur  dan membuat dinding rahim tidak siap menerima hasil pembuahan.

    Salah satu efek samping KB 3 bulan adalah ketidak terauran siklus haid, namun siklus haid yang tidak teratur yang terjadi pada Anda bisa juga disebabkan oleh hal lain yaitu:

    1. Faktor kelelahan fisik
    2. Faktor psikis atau stres
    3. Kelebihan berat badan atau obesitas
    4. Sindrom ovarium polikisktik ( PCOS)
    5. Gangguan hormon tiroid
    6. Kista ovarium

    Jika haid Anda mengalami ketidateraturan dan disertai dengan perdarahan yang banyak emlebihi normal dan dalam jangka waktu yang lama ,segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan, dokter akan menganalisa penyebabnya, dengan cara melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan USG. dan konsultasikan KB apa yang cocok untuk Anda, sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Yang bisa Anda lakukan adalah

    • Istirahat cukup
    • Hindari kelelahan fisik
    • Hindari stres
    • Makan makanan yang bergizi
    • Turunkan berat badan jika berlebih
    • Ganti metode KB yang tidak mengandung hormonal

    Baca artikel tentang Efek samping KB suntik

    Terimakasih, semoga bermanfaat. dr. Nurmarwiyah