Tanya Dokter

  • Apa KB yang cocok untuk usia 20 tahun?

  •  marinestylist
    Anggota

    Malam dok, kira2 KB yang cocok untuk usia 20 tahun agar tidak terjadi kehamilan apa ya dok? Terimakasih untuk waktunya

    Hai Marinestylist, Alat kontrasepsi merupakan teknik yang dilakukan untuk mencegah kehamilan atau mengatur jarak anak. Alat kontrasepsi memiliki banyak jenis dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Jika anda baru saja akan menggunakan alat KB ada hal yang perlu anda perhatikan, seperti:

    • Apakah anda tetap ingin mengalami menstruasi yang terprediksi : Yang cocok untuk anda adalah kontrasepsi hormonal, seperti kombinasi estrogen/progesteron merupakan pilihan yang cocok. kontrasepsi jenis ini harus anda gunakan setiap hari, minggu atau bulanan. Contoh kontrasepsi tersebut adalah: Kontraspesi pil oral (setiap hari), Kontrasepsi tempel (setiap minggu), dan cincin vagina(setiap bulan)
    • Apakah anda sama sekali tidak menginginkan menstruasi : Produk progesteron mungkin akan cocok untuk anda. Jenis ini sering digunakan oleh wanita yang ingin mengontrol kelahiran anak secara efektif dan memiliki masalah yang berat dengan menstruasi. Contohnya: KB suntik (setiap 3 bulan), KB implant (di lengan, efektif sampai 3 tahun), dan IUD (alat KB berbentuk hutuf T yang akan dimasukkan melalui mulut rahim, efektif sampai 5 tahun.
    • Apakah tujuan anda adalah untuk mencegah kehamilan dalam jangka waktu lama : yang cocok adalah jenis LARC (Long Acting Reversibel Contraception). Jenis ini dapat efektif selama 3 sampai 5 tahun. Sebenarnya kontrasepsi jenis LARC ini memiliki keefektifan yang sama dengan kontrasepsi permanen. Namun jika anda menggunakan kontrasepsi jenis LARC, anda masih dapat memiliki anak di saat yang akan datang. Contoh: KB implant (efektif selama 3 tahun), IUD Hormonal (efektif 3-5 tahun), dan copper IUD (efektif untuk 10 tahun)
    • Apakah anda sudah tidak ingin memiliki anak : Yang cocok untuk anda adalah kontrasepsi permanen. Contoh:  Essure(sterilisasi wanita), Ligasi tuba(sterilisasi wanita) dengan tindakan operasi, Vasektomi(sterilisasi pria)
    Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan sehingga dapat diperiksa tentang keadaan kesehatan anda dan dapat dipilihkan untuk alat kontrasepsi yang paling cocok untuk anda. Anda dapat membaca artikel tentang memilih alat kontrasepsi di bawah ini: Tips memilih alat kontrasepsi Terimakasih Semoga Membantu dr.Yosephine U L Simanungkalit