Tanya Dokter

  • Menstruasi tidak teratur setelah berhenti suntik KB dan vagina terasa gatal

  •  Syifa Faizah
    Anggota
    Dok saya mau tanya saya kan kb suntik 3 bulan tapiii wktu suntik ke 2 x haidh saya mulai berantakan... Dan ahirnya tidak saya lanjutkan di bulan berikut nya.. Saya berhenti kb... Tpii darah saya tidak berhenti kuar smpe skrng lbih dri 5 bulan.. Wlwpun ga bnyak tpii ga berhenti2 kadang flek kadang darah segar.. Dan skrng malah vagina saya sperti gatel dan sperti ada yang bengkak terus keluar kecoklatan sperti tisu banyak sekali.. Saya harus gimanah ya dok.. Mohon sharing nya dok.. Terimakasih

    Halo Syifa,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Suntik KB 3 bulan adalah alat kontrasepsi yang mengandung hormon progesteron sintetik. Gangguan menstruasi merupakan salah satu efek samping yang umum terjadi pada pengguna suntik KB 3 bulan. Suntik KB ini dapat menyebabkan menstruasi yang banyak, menstruasi yang panjang, menstruasi yang tidak teratur, atau menstruasi yang berhenti. Efek samping dari suntik KB ini masih dapat terjadi selama beberapa bulan walaupun Anda sudah menghentikan suntik KB tersebut. 

    Di sisi lain, vagina yang terasa gatal dapat disebabkan oleh beragam kondisi kesehatan seperti:

    Langkah terbaik yang dapat Anda lakukan saat ini adalah dengan berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter perlu menanyakan sejumlah informasi tambahan tentang keluhan Anda dan memeriksa Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan leher rahim, pemeriksaan panggul, pemeriksaan cairan keputihan bila ada, dan USG. Dari sinilah, dokter baru dapat menentukan pengobatan selanjutnya pada Anda.

    Sementara itu, lakukan juga saran berikut ini:

    • hindari menggaruk area yang gatal, coba lakukan kompres dingin untuk meredakan gatal
    • jangan menggunakan celana ketat
    • kenakan pakaian dalam yang berbahan katun
    • hindari berhubungan badan sampai Anda diobati oleh dokter
    • hindari penggunaan pembersih kewanitaan

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    Dr. Aloisia