Tanya Dokter

  • Kulit wajah mengelupas dan terasa tidak nyaman setelah menggunakan sabun wajah

  •  Rana Heryan
    Anggota

    Hallo dok saya mau nanya umur saya kan 17 tahun tapi saya masih awam belum tau apa-apa soal kencantikan dan muka saya kan berjerawat tapi jerawatnya kecil kecil dok terus kusam gitu lha terus saya beli produk ertos yg facial wash sama tonernya sama facial treatment katanya banyak yg cocok(hasilnya sempurna) terus saya gatau kalo facial treatmentnya itu pemakaiannya 2×seminggu ada selisihnya maksutnya kalo hari ini pake 3 hari lagi baru pake lagi terus sya hri minggu itu pake seharusnya baru 3 hari pake tpi minggu pakai senin juga pakai soalnya gatau dok terus diwajah itu kayak ganti kulit terus rasanya ketat gitu dok terus udah saya gapake facial treatmennya lagi saya pake facial wash sama toner tapi tetep aja kayak ganti kulit,merah terus ketat dok,itu gimana ya dok?

    Halo,

    Yang Anda alami mungkin merupakan kondisi iritasi kulit karena salahsatu kandungan produk perawatan wajah yang Anda gunakan. Selain itu, bisa juga kulit Anda mengalami kondisi di bawah ini :

    1. Alergi kulit karena penggunaan krim, sabun wajah, losion.
    2. Efek kulit yang terbakar sinar matahari, bila Anda beraktivitas di luar ruangan tanpa menggunakan tabir surya yang baik dan dengan cara yang benar.
    3. Kondisi kulit kering yang muncul karena kondisi medis tertentu, masalah hormonal.
    4. Efek samping obat tertentu yang mempengaruhi kondisi kulit.

     

    Bila keluhan Anda sudah terjadi selama lebih dari 3 hari, langkah yang terbaik adalah memeriksakan kondisi Anda ke Dokter Spesialis Kulit atau Dokter Estetika. Dokter akan melakukan evaluasi medis seputar keluhan Anda, memeriksa kondisi kulit, dan memberikan penanganan sesuai diagnosis dan penyebab keluhan.

    Selama di rumah, sebaiknya lakukan langkah berikut :

    • Untuk sementara waktu, sebaiknya Anda menghentikan pemakaian semua jenis produk kosmetik. Gunakan pembersih wajah dan moisturizer kulit khusus untuk kulit wajah sensitif dan sedang iritasi. Biasanya produk perawatan wajah jenis ini dijual bebas di apotik, produk biasanya tidak mengandung pewarna dan pewangi.
    • Cukup bersihkan wajah Anda 2x saja sehari menggunakan air dingin, hindari menggosok atau mengusap kulit. Tepuk-tepuk lembut kulit wajah Anda saat mengeringkannya. Cara ini akan membantu kelembaban kulit terjaga dengan baik.
    • Untuk mengurangi rasa perih dan kemerahan di wajah, Anda boleh mengompres dingin wajah selama 15 menit, 3 sampai 4x sehari. Pastikan handuk bersih dan air yang Anda gunakan adalah air minum.
    • Tabir surya wajib digunakan setiap pagi antara jam 9 sampai jam 4 sore. Pilihlah tabir surya yang sesuai jenis kulit Anda, hipoalergenik, dan gunakan dengan cara yang benar.
    • Konsumsi air minum dalam jumlah yang cukup.

     

    Baca di sini mengenai Kulit Mengelupas.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, dr CaecilIa Haryu Aryapti.