Tanya Dokter

  • perut mulas dan sakit pinggang hingga vagina di kehamilan 33 minggu

  •  Ndanyaofi
    Anggota

    Dok, saya lagi hamil 33minggu. Ini kehamilan kedua saya pasca caesar. Minggu kemarin sudah sempat merembes ketuban karna efek keputihan & sudah sering merasakan mules, sakit pinggang, punggung, vagina & seperti ada yang menyodok dipanggul. Minggu ini rasa mules, sakit pinggang, punggung, vagina, perut kencang & bekas caesar makin terasa sakit & lebih sering datangnya bisa sejam ber x x dok, walau sudah minum obat penghilang rsa mulas tetap saja kerasa. Bagaimana ini dok??

    Hai Ndanyaofi,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Pada wanita yang memiliki riwayat persalinan sesar sebelumnya, munculnya rasa nyeri di perut bagian bawah saat hamil pada umumnya merupakan hal yang wajar akibat regangan berlebihan di area bekas operasi. Setelah operasi, luka di rahim dan kulit Anda akan digantikan oleh jaringan parut yang memiliki elastisitas lebih rendah. Karenanya, bila terjadi regangan yang cukup besar, misalnya ketika kehamilan sudah memasuki usia trimester ketiga, maka tentu akan terasa nyeri.

    Nyeri dan mulas yang terasa mulai di perut bawah, pinggang, punggung, hingga vagina disertai sensasi seperti ada yang menyodok di panggul kemungkinan menandakan bahwa janin Anda sudah turun ke pintu atas panggul. Kondisi ini sangat wajar terjadi di usia kehamilan 8-9 bulan pada wanita yang sebelumnya sudah pernah hamil (multipara). Bisa juga, keluhan ini bertambah hebat akibat adanya kontraksi palsu (Braxton hicks).

    Akan tetapi, jika keluhan disertai dengan sensasi kencang-kencang yang sangat sering, intensitasnya sangat hebat, dan durasinya memanjang, maka Anda sebaiknya waspada, dikhawatirkan hal ini menandakan bahwa persalinan Anda akan segera tiba. Terlebih, bila Anda sudah juga mengalami rembesan cairan ketuban

    Periksakan langsung keluhan Anda ke dokter spesialis kandungan supaya dilakukan evaluasi lebih lanjut. Normalnya, persalinan terjadi setelah usia kehamilan memasuki 36 minggu atau lebih. Jadi, jika kehamilan masih mungkin dipertahankan, dokter bisa meresepkan pada Anda beberapa jenis obat untuk mengurangi kontraksi sembari menunggu pematangan janin dalam kandungan Anda. Namun, jika dinilai persalinan akan menghasilkan dampak yang lebih baik dibanding dengan mempertahankan kehamilan, maka persalinan prematur mungkin akan lebih dipilih demi keselamatan Anda maupun janin yang Anda kandung.

    Saat ini, Anda sebaiknya lakukan dulu istirahat total (bila perlu, bedrest). Jangan dulu melakukan aktifitas yang berat, tenangkan pikiran Anda, dan gunakan pakaian yang longgar serta nyaman. Hindari dulu berhubungan seksual. Dan kompres area perut, pinggang, punggung, serta vagina yang nyeri serta mulas menggunakan air hangat.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah