Tanya Dokter

  • Waktu yang tepat untuk melakukan testpack kembali

  • Dok, saya nikah 12 mei 2018 , tgl 28 mei 2018 saya ke dokter kandungan untuk cek rahim. Saya USG melalui miss V .hasil USG alhamdulillah baik" saja. Di foto terdapat gambar seperti telur dan kantung rahim. Bln juni saya coba testpack hasilnya negatif. Tgl 15-19 juni saya haid. Saya pakai aplikasi kalender untuk haid. Disitu tertera seharusnya sayaa mens tgl 10/7/2018. Tetapi skg tgl 12/7/2018 saya belun mens. Sebelumnya tgl 8 juli saya urut katanya peranakan saya dekat, dan ada seperti denyutan. Pertanyaan saya, kapan lebih baiknya untuk saya testpack kembali? Dan apa betul saya hamil? Untuk tanda" saya merasa lebih sering mengantuk dan lelah, untuk perut terkadang suka keram, untuk buah dada terkadang nyeri dan sedikit gatal Terimakasi dok

    Hai Yusriahmaulita.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Kehamilan merupakan suatu yang diharapkan bagi setiap pasangan. Bila saat ini anda terlambat menstruasi maka dapat saja terjadi kehamilan, karena salah satu tanda dari kehamilan ialah terlambat menstruasi. Namun, selain itu ada tanda2 lain yang perlu anda ketahui diantaranya:

    • Payudara terasa lebih kencang, sensitif, dan puting lebih menonjol
    • Lebih sering BAK karena rahim yang membesar menekan kantung kemih
    • Mual muntah
    • Lebih mudah lelah
    • Perubahan suasana hati
    • Keluarnya bercak darah sebagai tanda menempelnya hasil pembuhaan pada dinding rahim

    Sedangkan untuk waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan menggunakan testpack anda dapat menunggu hingga terlambat haid sekitar 1 minggu. Alat testpack bekerja dengan mengecek kadar HCG (hormon gonadotropin chorionic). Hormon ini dihasilkan oleh plasenta dan kadar hormon ini dapat terdeteksi dalam urin sekitar 9-12 hari setelah proses pembuahan. Bila anda masih ragu dengan hasil testpack anda dapat melakukan tes kehamilan dengan sampel darah yang dilakukan oleh dokter. Tes ini dapat mnedeteksi hormon HCG lebih awal daripada testpack menggunakan urin. Jika anda masih ada yang ingin ditanyakan anda dapat memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mendapatkan pemeriksaan secara langsung atau dokter dapat melakukan USG.

    Semoga bermanfaat

    dr.Iriyanti