Tanya Dokter

  • Kehamilan

  • Dok waktu saya berhubungan intim dengan suami saya tidak tau kalo ternyata saya sedang haid hari pertama,,ketauan ketika selesai berhubungan intim,, Haid saya masih berlanjut,,tapi fi hari ke 4 haid saya,,saya merasakan pusing,mual dengan bau² tertentu,,layaknya orang hamil muda. Apakah mungkin hal itu menyebabkan kehamilan dok? Dan jika bisa hamil,,prosesnya berapa hari dok dr hubungan intim ke kehamilan?

    Halo, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui terkait terjadinya pembuahan, sel telur, dan sperma:

    1. Kehamilan hanya akan terjadi bila sel sperma dari laki-laki membuahi sel telur dari wanita.
    2. Sel telur dari wanita dilepaskan dari kandung telur (ovarium) setiap sebulan sekali, yaitu sekitar 2 minggu sebelum hari perkiraan menstruasi berikutnya.
    3. Sel telur yang sudah dilepaskan dari ovarium hanya akan bertahan selama 12-24 jam, setelahnya tidak akan dapat dibuahi lagi.
    4. Sperma dari laki-laki dapat hidup selama 3-4 hari di dalam organ reproduksi wanita. Setelah lewat 3-4 hari, sel-sel sperma akan mati dan dikeluarkan dari tubuh wanita.
    5. Pembuahan dapat terjadi bila sperma yang dikeluarkan di dalam vagina masih hidup saat sel telur dilepaskan dari ovarium.
    6. Bila sel telur dan sperma ini sudah bertemu dan bersatu, maka bakal janin sudah terbentuk. Dalam 6-12 hari, hasil pembuahan ini akan menempel di rahim.

    Bila anda melakukan hubungan seksual hanya pada saat itu saja (tepat saat anda mengalami menstruasi), maka sudah pasti kehamilan tidak akan terjadi karena masa itu adalah masa anda paling tidak subur. Wanita yang mengalami kehamilan tidak akan mengalami menstruasi. Oleh karena itu bila anda mengalami menstruasi, berarti saat ini anda tidak sedang hamil. 

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

    dr. irna cecilia