Tanya Dokter

  • Mengatasi gangguan psikologi akibat riwayat perlakuan kasar semasa kecil

  •  Praimfaya
    Anggota

    Selamat malam dok, saya perempuan berumur 23 thn. Waktu saya SD saya sering mendapat perlakuan kasar oleh kedua orang tua saya. Saat saya melakukan kesalahan saya sering dipukul, dimarahi, diteriaki. Saya ingat dulu saya sangat marah waktu dipukul, tapi saya tidak bisa apa-apa. Saya merasa takut dipukul lagi. Ayah saya juga dulu saya cenderung tidak terlalu peduli pada saya sehingga saya terbiasa melakukan apapun sendiri karena untuk berterus terang kepada mereka saya takut dimarahi, takut ditolak. Hal ini membuat saya tidak terlalu dekat dgn kedua orang tua saya, saya menjadi sangat tertutup. Perasaan seperti itu terbawa sampai saya dewasa. Sekarang saya sudah kuliah, tetapi saya merasa tidak bisa mengontrol emosi saya. Saya selalu bersikap kasar kepada teman saya yang lemah, saya egois, saya keras kepala, saya tidak suka dibentak, tidak suka disalahkan saya selalu melindungi diri saya sendiri, dan saya sangat tidak percaya diri. Saya sadar bahwa semua yg saya lakukan salah, tapi saat saya tersinggung atau merasa disalahkan karena hal sepele, emosi saya mudah sekali meledak, bahkan beberapa teman saya pernah saya pukuli akibat menjaili saya. Saat saya ingin menangis atau mengekspresikan isi hati saya, sering mendapat dorongan bahwa itu tidak perlu. Saat ini saya seperti tidak tahu lagi siapa saya, saya yang baik atau saya yang jahat. Karena hal ini saya kerap merasa kesepian, merasa kosong. Terimakasih

    Hai Praimfaya,

    Mengetahui bahwa kondisi Anda saat ini sedang tidak baik dan membutuhkan pertolongan, merupakan suatu langkah awal yang sangat baik. Karena, akan dibutuhkan komitmen yang kuat untuk memulai perubahan dalam diri Anda.

    Silahkan berkonsultasi dengan psikolog di area tempat tinggal Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk mengerti apa yang sedang Anda lakukan dan Anda alami, serta mengetahui bagaimana caranya agar Anda lepas dari kebiasaan ini.

    Stres, gangguan cemas, depresi, kemarahan, dan lainnya merupakan jenis gangguan kesehatan mental yang membutuhkan bukan hanya terapi psikologik, juga membutuhkan terapi pengobatan secara medis. Selain dengan psikolog, Anda dapat mempertimbangkan juga untuk berkonsultasi dengan psikiater atau dokter jiwa, agar Anda semakin pulih dari hal hal negatif tentang diri Anda sediri.

    Saran kami:

    • Lakukan konsultasi ke psikolog/psikiater secara rutin
    • Hindari penggunaan alkohol atau obat terlarang
    • Minta suport dari orang orang dekat Anda, agar dapat membantu Anda saat sedang emosi
    • Lakukan olahraga meditasi seperti yoga
    • Jalin pertemanan dengan orang lain, belajarlah berkomunikasi dengan baik

    Semoga membantu ya.