Tanya Dokter

  • penyebab penis tidak bisa ereksi

  •  Teddy Gituloh
    Anggota
    Selamat sore dok, saya mau bertanya, Kenapa kok kelamin saya tidak bisa ereksi ? Itu bahaya atau tidak ? Bisa sembuh tidak ? Terimakasi dok,

    Halo, Teddy Gituloh, terima kasih sudah bertanya pada Alodokter.

    Ereksi adalah proses dimana penis mengeras akibat adanya rangsangan. Penis bisa membesar dan mengeras saat ereksi karena terjadi peningkatan aliran darah ke penis. Pada pria yang sehat, normalnya ereksi terjadi 2-3 kali selama tidur malam dan masing-masing memiliki durasi 25-35 menit. Beberapa hal ini dapat menjadi penyebab seseorang tidak dapat dengan mudah ereksi walaupun dengan rangsangan yang cukup:

    -       Faktor psikologis. Ereksi dapat terjadi jika sistem saraf tertentu (parasimpatis namanya) terangsang. Sistem parasimpatis akan terganggu kerjanya jika ada faktor psikologis tertentu, misalnya saat stress, depresi, cemas, ada masalah antara diri dengan orang lain.

    -       Ada penyakit yang menyertai, misalnya diabetes, tekanan darah tinggi, jantung, penyakit saraf, dan gangguan hormone (misalnya kekurangan hormone testosterone)

    -       Pengaruh obat tertentu : alkohol, obat terlarang, obat kejang

    -       Ada cedera pada penis, saraf yang mengatur penis, atau pembuluh darah

     

    Jika seseorang tidak bisa ereksi, maka orang tersebut akan merasa sulit dalam berhubungan seksual yang berdampak pada keharmonisan hubungan dengan pasangan, dan akan menjadi penyulit terutama jika orang tersebut menginginkan keturunan.

     

    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda tersebut, segeralah pergi ke dokter. Dokter akan menanyakan mengenai keluhan Anda dengan lengkap, memeriksa fisik Anda dan jika perlu akan dilakukan pemeriksaan penunjang. Kesembuhan tergantung dari penyebab penyakit tersebut dan bagaimana Anda menjalani terapinya. Yang dapat Anda lakukan adalah konsultasikan hal ini ke dokter, tetap tenang, kelola emosi dan stress Anda, melakukan olahraga secara teratur dan terukur, makan makanan bergizi, hindari kelebihan berat badan, istirahat yang cukup, dan hindari rokok.

     

    Berikut ada beberapa artikel menarik yang dapat Anda baca untuk menambah informasi ya:

    -       Ereksi

    -    Ereksi normal

    -    Impotensi / disfungsi ereksi

     

    Semoga informasi saya bisa bermanfaat ya, Teddy Gituloh.

     

    Salam,

    dr. Sarah Rizqia