Tanya Dokter

  • cara menghilangkan keloid yang gatal di dekat payudara

  •  annisanizardi
    Anggota
    Dok saya punya semacam keloid di dada dekat payudara. Terkadang rasanya gatal dok. Apakah itu berbahaya? Dan bagaimana cara untuk menghilangkannya?

    Hallo Sdr. Anisa

    Keloid sering menimbulkan gejala dan mengganggu penampilan. Keloid jaringan yang tumbuh terus dan menebal dan dapat tumbuh ditempat yang pernah mengalami trauma. Warna keloid cenderung lebih tua dari warna kulit. Keloid sering menimbulkan gejala seperti nyeri, gatal, dan keterbatasan gerakan terutama pada bagian lipatan kulit seperti lipatan siku, paha, dan lutut. Anda tidak perlu khawatir. Akan tetapi, apabila keloid sangat mengganggu dan semakin membesar, Anda apat berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah timbulnya gejala dan mencegah membesarnya keloid. 

    Beberapa penanganan yang dapat dilakukan pada pasien dengan keloid adalah dengan operasi, suntikan kortison pada keloid tersebut, cryoterapi dan sebagainya. Anda dapat memilih salah satu dari terapi yang dianjurkan dokter. Jangan menggaruk keloid dan hindari pemakaian salep diluar rekomendasi dokter. Anda juga dapat mengkonsumsi obat antihistamin seperti CTM untuk mengurangi gatal.

    Semoga bermanfaat, terimakasih