Tanya Dokter

  • Kelopak mata terasa kasar, kemerahan, mengelupas dan terasa perih

  • Halo dok, saya mau bertanya beberapa hari terakhir ini kelopak mata kanan saya terasa kasar, merah dan sedikit terkelupas jika di sentuh agak perih, saya pikir hanya ganti kulit biasa tapi lama2 kelamaan semakin kasar dan perih, kenapa ya dok?

    Hai Briggita,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Kelopak mata manusia dihuni oleh kulit, otot, kelenjar minyak, kelenjar keringat, dan berbagai komponen penyokongnya. Kelopak mata yang tampak kasar, kemerahan, mengelupas, dan terasa perih bisa menandakan suatu peradangan, atau disebut juga dengan blefaritis. Pemicunya bisa karena gangguan pada salah satu atau lebih komponen di atas. Berikut beberapa kemungkinan yang mungkin terjadi:

    • Dermatitis kontak (peradangan kulit lokal karena berkontak dengan substansi yang bersifat alergenik atau iritatif, contohnya kosmetika, obat tetes mata, cairan lensa kontak)
    • Dermatitis seboroik (peradangan kulit kronis yang ditandai dengan kulit yang menebal lalu mengelupas layaknya ketombe)
    • Iritasi kulit, misalnya akibat garukan atau gesekan berlebihan
    • Infeksi (yang tersering karena bakteri, kutu)
    • Rosacea (kondisi yang ditandai dengan kulit memerah, terutama di wajah)
    • Psoriasis (peradangan kulit kronis karena kelainan autoimun yang mengakibatkan kulit menebal, mengelupas, bersisik, dan luka)
    • Abnormalitas fungsi kelenjar minyak di kelopak mata, dan sebagainya

    Jika tidak ditangani dengan baik, peradangan pada kelopak mata bisa menyebabkan munculnya pembengkakan, benjolan, mata berair atau justru kering, abnormalitas pertumbuhan bulu mata, hingga gangguan fungsi komponen mata lainnya. Sebab itu, sebaiknya Anda tidak membiarkan keluhan Anda terjadi berlarut-larut. Periksakan langsung diri Anda ke dokter spesialis mata supaya bisa dilakukan penanganan lebih lanjut ya..

    Saat ini, tidak disarankan memberikan pengobatan apapun kecuali atas saran dari dokter. Hindari juga mengelupasi paksa, menggaruk berlebihan, atau memegang terlalu sering area kelopak mata yang mengalami keluhan. Sementara waktu, minimalisasi dulu penggunaan kosmetika atau bahan kimia lain yang berlebihan di sekitar mata. Tidak lupa, bersihkan selalu area mata Anda, termasuk saat mandi dan seusai menggunakan kosmetika.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah