Tanya Dokter

  • Merasakan tanda kehamilan tetapi hasil testpack negatif

  •  Ferman Ranny
    Anggota

    Selamat malam dok . Dok saya habis kuret 1 bulan yg lalu pda hari sabtu 14 april krn didiagnosa abortus komplit . Setelah selesai masa nifas atau halangan pda tgl 22 april . Waktu saya kontrol lagi ke dokter rahim saya dinyatakan bersih . Beberapa hari kemudian saya berhubungan kembali dg suami saya . Nah minggu2 ini saya merasakan pusing mual emosi dan bagian perut bawah saya keras dan agak besar dok. Setiap kali saya mengerjakan pekerjaan rumah perut saya kram . Kmaren sempat saya ketukang urut bilangnya saya hamil dibagian perut sebelah kiri saya . Tapi udh 2 kali saya tespek knpa hasil nya masih negative dok . Mohon maaf sarannya dok

    Halo Ferman, Terima kasih atas pertanyaannya.

    Kehamilan tidak dapat dipastikan dengan pemijatan pada perut. Jika Anda mengalami keterlambatan menstruasi atau tanda-tanda kehamilan, Anda dapat melakukan testpack. Testpack akan mendeteksi hormon yang terbentuk saat hamil. Anda hampir dapat dipastikan hamil jika testpack menunjukkan hasil positif/ kemunculan dua garis. Tetapi hasil testpack pun harus dikonfirmasi lagi dengan pemeriksaan USG oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk  memastikan kehamilan.

    Sakit perut bagian bawah dan gejala lain yang Anda alami belum tentu disebabkan oleh kehamilan. Sakit perut bagian bawah dapat disebabkan oleh: 

    Untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda diperlukan pemeriksaan oleh dokter. Karenanya, silakan Anda berkonsultasi dengan dokter lebih lanjut. Dokter perlu menanyakan keluhan Anda dengan lengkap dan memeriksa Anda. Jika perlu dokter akan melakukan pemeriksana lebih lanjut seperti pemeriksaan darah, pemeriksana urin, pemeriksaan tinja, USG. Penanganan selanjutnya akan diberikan oleh dokter sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

    Anda dapat melakukan kompres hangat pada perut yang sakit atau mengkonsumsi parasetamol bila perlu. Hindari konsumsi makanan dapat porsi besar, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan dalan porsi kecil. Hindari konsumsi makanan pedas dan berminyak, minuman berkafein, bersoda, dan beralkohol. Anda dapat mengulang testpack jika Anda mengalami terlambat menstruasi.

    Semoga membantu.

    Dr. Aloisia