Tanya Dokter

  • sakit perut setelah 2 bulan yang lalu operasi usus buntu

  •  ririntan1525
    Anggota

    dok, mau tanya, saya sudah 2 bulan operasi usus buntu. kondisi usus saya sudah membengkak dan hampir pecah. jaitan sudah mengering, namun kadang warna jaitan berubah2 warna. kadang memerah dan perih, kadang coklat. dan 2 minggu belakangan ini saya mengalami sakit yang sama sebelum saya operasi. dengan rasa sakit dan gejala yang sama. bahkan ditambah saya mual dan muntah, juga demam tinggi terus menerus. saya masih susah BAB karna BAB saya keras, padahal saya sudah makan yang berserat setiap hari. saya masih sulit duduk, masih sulit tidur. ketika saya tidur, kadang suka terbangun karna rasa sakitnya. saya menderita demam yang tak kunjung reda. dan sulit berjalan ketika sakitnya menyerang, padahal sebelum saya operasi, meskipun saya sakit tapi saya masih bisa jalan. sempat saya kontrol kembali ke klinik, dokter klinik bilang luka saya masih infeksi. karna masih sakit ketika ditekan. harusnya sudah tidak sakit.

    kira-kira kenapa ya dok. tolong dijelaskan dan mohon arahannya. terima kasih.

    Halo, Terima kasih sudah bertanya di Alodokter. Keluhan demam, sakit perut, gangguan pencernaan , warna jahitan bekas operasi yang berubah-ubah, kadang masih terasa perih setelah 2 bulan menjalani operasi usus buntu dapat disebabkan oleh 1 masalah kesehatan atau beberapa masalah kesehatan sekaligus. Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

    • Luka bekas operasi yang mengalami infeksi.
    • Radang Usus, berbeda dengan radang usus buntu. Radang usus buntu yang telah dilakukan operasi pengangkatan usus buntu tidak akan terjadi kembali, karena manusia hanya memiliki 1 buah usus buntu. Lebih rinci mengenai radang usus dapat Kamu baca pada link di atas.
    • Irritable Bowel Syndrome
    • Dsbnya
    Alangkah baiknya saat ini Kamu kembali ke Dokter Bedah yang sebelumnya merawat Kamu agar dapat ditelusuri penyebab keluhan, mungkin akan dilakukan pemeriksaan luka operasi, serta pemeriksaan penunjang seperti USG. Setelah jelas diketahui penyebabnya maka dapat diberi penanganan yang sesuai. Jangan biarkan keluhan ini berlarut-larut karena infeksi dapat meluar ke organ lainnya. Tetap konsumsi makanan sehat secara teratur, perbanyak minum air putih (sekitar 8-10 gelas dalam sehari), perbanyak buah dan sayur, istirahat yang cukup, konsumsi obat pereda panas dan pereda nyeri seperti paracetamol dapat dilakukan sementara ini. Sekian semoga lekas membaik ya. dr.Annes