Tanya Dokter

  • Persentase infeksi HIV pada penderita kencing nanah

  •  Ibnu Saputra
    Anggota
    Dok, berapa persentase pengidap kencing nanah kena HIV? Saya sudah cek ke laboratorium hasil nya negatif tapi tiga bulan lagi di suruh cek lagi

    Terima kasih Ibnu Saputra atas pertanyaannya di forum Alodokter, kencing nanah atau yang dikenal juga dengan penyakit gonore merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh kuman Neisseria Gonorrhoeae. Dimana pada penyakit ini dapat timbul beberapa gejala seperti nyeri saat buang air kecil dan adanya keluar cairan kental seperti nanah pada kelamin. Kondisi ini merupakan keadaan yang berbeda dengan kondisi penyakit HIV, dimana pada HIV penyakit ini disebabkan oleh virus HIV, dimana virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dengan berbagai gejala yang mungkin dapat timbul bergantung dari pengaruh infeksi lanjutan yang diderita penderita tersebut. Pada penyakit HIV penularan sama-sama dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Walau pada penelitian tertentu jumlah infeksi gonore dan HIV ditemukan hanya sekitar 2%, namun tetap pemeriksaan perlu dilakukan mengingat cara penularan yang sama, risiko melakukan hubungan secara tidak aman, apalagi ditambah dengan risiko pasangan yang dicurigai mengalami kondisi HIV. 

    Kemudian pada pemeriksaan HIV ini dikenal juga dengan adanya periode jendela dimana pada periode ini biasanya virus HIV tidak dapat terdeteksi melalui pemeriksaan darah, dimana waktu ini berkisar sekitar 3 bulan sejak dari terjadinya infeksi virus ini. Oleh sebab itu, pada kondisi yang demikian biasanya seseorang akan disarankan kembali untuk melakukan tes ulang guna dapat memastikan kondisi yang dialami mengalami infeksi HIV atau tidak. 
     

    Berikut terdapat diskusi seputar HIV dan gonore

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra