Tanya Dokter

  • Pengobatan kencing nanah

  •  Ibnu Saputra
    Anggota
    Dok, boleh kah ganti dokter apabila hasil di dokter sebelumnya tidak maksimal?
    Ibnu Saputra  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Ibnu,

    Gonore adalah penyakit menular seksual yang disebabkan karena infeksi bakteri. Gonore pada laki-laki menimbulkan gejala yang cukup mudah dikenali yaitu adanya kencing nanah / keluar nanah dari penis, nyeri saat BAK, nyeri pada testis, dan radang pada kulup.

    Dokter mendiagnosis gonore melalui wawancara, pemeriksaan fisik, dan bila perlu pemeriksaan penunjang misalnya tes caira penis dan tes urin. Pengobatan untuk gonore adalah dengan antibiotik (oral ataupun injeksi) dan antinyeri bila perlu. Sebaiknya pasangan juga diperiksa dan diobati untuk mencegah infeksi berulang.

    Obat apa saja yang sudah diberikan? Apakah obat suntik atau obat minum atau keduanya? Apabila saat ini Anda sudah diberikan obat tetapi belum sembuh, Anda bisa kembali kontrol pada dokter yang mengobati sebelumnya atau Anda bisa mencari second opinion dengan dokter yang lainnya. Jika Anda melakukan kontrol, maka dokter akan melakukan evaluasi untuk mengetahui hasil pengobatan dan memberikan penanganan lanjutan yang tepat. Jika Anda memutuskan mencari second opinion, beritahu dokter kedua obat apa saja yang sudah diberikan oleh dokter pertama supaya bisa diberikan penanganan lanjutan yang lebih maksimal ya.

    Beberapa tips untuk Anda:

    • Tunda hubungan intim sampai pengobatan selesai
    • Periksakan dan obati istri / pasangan Anda ke dokter untuk mencegah infeksi berulang
    • Hindari seks bebas
    • Gunakan kondom saat berhubungan
    • Biasakan pola hidup sehat supaya kekebalan tubuh meningkat

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Gonore

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y