Tanya Dokter

  • Penyebab pusing, keluar keringat dingin, muntah, tidak nafsu makan dan persendian ngilu

  •  Andrafe
    Anggota
    Malem dok. Saya mau bertanya dari kemarin Ibu saya mengalami pusing kepala, keringat dingin terus keluar, muntah muntah, nafsu makan hilang dan persendian ngilu. Itu knapa ya dok ? Jika abis makan muntah. Baru susu putih yang berhasil masuk. Tolong solusi ya dok. Terima kasih. Dan pertolongan yg harus dilakukan

    Halo

    Gejala yang dialami Ibu anda sangat bervariasi. Banyak sekali penyakit yang dapat menyebabkan kondisi yang dialami Ibu anda. Beberapa kondisi yang sering menjadi gejala penyerta seperti itu adalah:

    • Demam tifoid
    • Demam berdarah
    • Infeksi saluran kemih

     

    Demam tifoid adalah kondisi yang disebabkan infeksi kuman Salmonella tiphy yang bisa menimbulkan berbagai gejala yang di alami Ibu anda. Pada kondisi demam berdarah, pada awal sakit akan timbul berbagai macam gejala seperti yang Ibu anda alami, dimana pada hari ke 4-6 biasanya demam akan turun, namun justru paling berbahaya karena jumlah trombosit ikut turun. Infeksi saluran kemih bisa menimbulkan gejala serupa terutama jika sudah menyebar hingga ginjal.

    Dengan muntah dan kurangnya konsumsi makan dan minum, dapat mengakibatkan Ibu anda mengalami dehidrasi yang jika pada kondisi yang berat dan tidak segera tertangani bisa menjadi berbahaya. Berikan minum yang cukup terutama oralit untuk mengganti cairan yang hilang sesuai dengan aturan yang tertera untuk menghindarinya.

    Namun jika kondisi tidak segera membaik, ada baiknya Ibu anda segera dibawa ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan segera. Dibutuhkan wawancara secara detail dan pemeriksaan langsung untuk mengetahui apa yang Ibu anda alami. Bisa jadi nantinya juga akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti darah untuk membantu menegakkan diagnosa. Terapi akan diberikan sesuai apa yang Ibu anda alami, dimana bisa saja rawat jalan atau rawat inap.

    Semoga membantu.