Tanya Dokter

  • terlihat seperti bagian putih di lubang vagina

  •  Din Dhiyanaa
    Anggota

    Dok saya mau bertanya kalo dilubang vagina terdapat lapisan warna putih dan terkadang jika lagi ngeden buang air besar, lapisan itu terbuka! Apakah itu yang dinamakan selaput darah?? Apakah masih Perawan?? Mohon jawabannya Dok

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Keperawanan memang seringkali dikaitkan dengan selaput dara. Keperawanan seorang wanita identik dengan selaput dara yang masih utuh dan belum mengalami robekan akibat hubungan seksual yang dilakukan. Sehingga untuk memastikan utuh atau tidaknya selaput dara, sering dilakukan pemeriksaan keperawanan.

    Selaput dara adalah lapusan selaput yang sangat tipis dan merentang di bagian bawah vagina wanita. Selaput dara akan memiliki bentuk seperti cincin atau donat yang terdapat sedikit celah untuk keluarnya darah menstruasi. Selaput dara juga terletak jauh didalam dari lubang vagina yang terlihat. Sehingga kecil kemungkinannya untuk terlihat pada saat anda mengedan untuk buang air besar.

    Selama Anda belum menikah atau melakukan hubungan seksual, maka selaput dara Anda akan masih tetap terjaga. Namun bila Anda masih ragu dan mungkin terdapat keluhan lain seperti adanya rasa gatal, nyeri perut, buang air besar tidak lancar, gangguan menstruasi, maka sebaiknya lakukanlah pemeriksaan secara langsung dengan dokter di sekitar Anda. Bila memang dirasa ada suatu kondisi kesehatan yang membutuhkan penanganan oleh pakarnya, maka Anda akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis.

    Sementara itu beberapa anjuran yang dapat Anda lakukan adalah:

    1. Cukupi kebutuhan cairan dalam sehari setidaknya 2 liter
    2. Jaga kelembaban dan kebersihan area intim Anda
    3. Konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk mencegah Anda mengedan terlalu keras saat BAB. Meminimalisir risiko terjadinya wasir
    4. Olahraga teratur
    5. Hindari penggunaan cairan pembersih kewanitaan

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati