Tanya Dokter

  • Efek pemeriksaan papsmear saat masa pengobatan dengan dokter kandungan

  • dok saya mau pap smear lagi karena mau tau apa ada keganasan atw enggak nya tpi masih ada darah nya karena sya di kasih obat biar haid. gmna ya dok apa papsmear dlu atw periksa dlu... trus klo papsmer biar hsilnya akurat gmn syrat nya..
    Fikri Rikudou Alhamid  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Fikri,

    Apabila saat ini Anda sedang dalam masa pengobatan dengan dokter kandungan, saya sarankan untuk melakukan kontrol dulu dengan dokter kandungan ya. Anda bisa sekalian berkonsultasi dengan dokter kandungan pada saat kontrol mengenai papsmear.

    Papsmear adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui adanya perubahan pada sel-sel di leher rahim dan untuk mendeteksi adanya kanker serviks. Papsmear sangat dianjurkan pada wanita usia subur yang sudah aktif berhubungan seksual. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum menjalani papsmear yaitu:

    • Papsmear dilakukan dalam kondisi "bersih" atau dalam artian tidak ada perdarahan dari vagina selama minimal 2-3 hari, dan paling baik dilakukan 2 minggu setelah hari pertama menstruasi terakhir atau 5 hari setelah menstruasi selesai
    • Tidak berhubungan intim selama minimal 2 hari sebelum pemeriksaan
    • Tidak mencuci vagina selama minimal 2-3 hari sebelum pemeriksaan
    • Tidak memakai spermisida, jelly, krim, ataupun obat-obatan yang dimasukkan dalam vagina selama 2-3 hari sebelum pemeriksaan

    Untuk lebih jelasnya, Anda bisa berdiskusi langsung dengan dokter yang merawat Anda supaya bisa dijelaskan dengan lebih mendetail mengenai prosedur dan persiapan tes papsmear ya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Persiapan papsmear
    Papsmear

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y