Tanya Dokter

  • keputihan pasca operasi caesar

  •  anonymous
    Anggota

    slmt pagi dok.... dokter sy mau tanya kmrn tgl 7 juli sy melahirkan dengan cara operasi ceasar... setelah itu sy mengalami menstruasi selama 2 minggu kemudian menstruasi sy berhenti dan 2 hr ini sy mendapat keputihan berwarna hijau, berbau dan gatal... yang ingin sy tanyakan apa penyebab keputihan sy itu ya dok dan apa obatnya....??? terimakasih.....

    Hai deand, Keputihan merupakan masalah yang sering dihadapi oleh wanita. Keputihan normal berfungsi untuk mengeluarkan sel-sel mati dan bakteri melalui lendir yang dihasilkan oleh serviks atau mulut rahim. Keputihan yang normal juga sering dalami beberapa hari sebelum masa menstruasi atau setelah masa menstruasi. Keputihan yang normal berupa lendir yang berwana bening sampai kekuningan dan tidakberbau serta tidak disertai dengan rasa gatal. Jika keputihan yang anda alami bukan seperti yang dijeloaskan diatas berarti keputihan yang anda alami merupakan salah satu keputihan yang tidak normal dan perlu diperlukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan apusan keputihan untuk menentukan penyebab dari keputihan yang anda alami. Keputihan yang tidak normal biasanya disebabkan oleh:

    1. Akibat jamur atau kandidosis vaginalis yaitu keputihan yang berwarna putih susu dan sangat gatal
    2. Akibat ketidakseimbangan bakteri normal di vagina/ vaginosis bakteri yaitu keputihan yang berwarna putih atau abu-abu disertai bau amis
    3. Akibat infeksi parasit atau trikomoniasis yaitu keputihan berwarna kuning kehijauan atau berbuih dan sangat gatal
    4. Akibat infeksi menular seksual biasanya disebabkan oleh Gonore atau herpes dan keputihan dapat berupa keputihan yang berwarna kehijauan dan sangat gatal, dpat disertai dengan gejala nyeri BAK dan perdarahan.
    Untuk memastikan penyebab keputihan anda serta untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat diberikan pengobatan yang tepat. Jangan mencoba-coba obat yang dijual di pasaran karena jika tidak sesuai dengan pengobatan dapat berakibat keputihan tidak sembuh malah embuat anda kebal dengan obat tersebut. Anda dapat melakukan tips di bawah ini:
    • Menggunakan celana dalam berbahan katun
    • Selalu menjaga kebersihan organ intim anda
    • Menggati celana dalam minimal 2 kali sehari dan mengganti celana dalam setiap celana dalam sudah basah atau lembab
    • hindari penggunaan pantyliner
    • Hindari penggunaan sabun vagina yang berbahan kimia karena dapat mengganggu bakteri normal di vagina
    Anda dapat membaca tips di bawah ini: Keputihan Keputihan setiap hari Semoga membantu dr. Yosephine U L Simanungkalit