Tanya Dokter

  • Sering mengalami keputihan

  • Sya wanita dgn usia 26 th... Dok...sya mau tanya...semenjak perawan miss v sya sllu keluar keputihan...kdang kental kdang encer...tp tak berbau...smpe skarang sya sdah berkluarga msih keluar keputihan...

    Halo,   Keputihan ada yang fisiologis / normal terjadi. Sebenarnya yang keluar adalah cairan vagina yang biasanya berwarna bening terkadang encer / kental tergantung kondisi hormonal pada saat tertentu yaitu :

    1. masa subur = cairan vagina kental agak liat, bisa sedikit keruh namun tidak berbau dan tidak gatal serta tidak menggumpal seperti santan.
    2. Menjelang menstruasi = cairan vagina sedikit encer, bening.
    3. Saat terangsang = cairan vagina encer dan bening berfungsi sebagai pelumas.
    Sementara keputihan yang patologis (abnormal) adalah keputihan yang berwarna (kuning, hijau, putih susu, keabuabuan, kemerahan dll) serta berbau masam (apek, amis) dan menimbulkan keluhan lain seperti gatal, perdarahan / flek dll. Keputihan patologis lah yang memerlukan pengobatan karena keputihan tersebut disebabkan oleh infeksi kuman ,parasit pada organ intim Anda seperti :
    1. Infeksi gonore
    2. Trikomonas
    3. Candida
    4. Chlamidia
    5. Vaginosis
    6. dll.
    Dengan pemeriksaan ke dokter maka penyebab keputihan Anda akan diketahui sehingga pengobatan bisa diberikan untuk mencegah keputihan kambuh kembali, Beberapa tips juga bisa Anda lakukan untuk mencegah keputihan yakni :
    1. Menjaga kebersihan organ intim.
    2. Melap kering organ intim sehabis BAB/ BAK
    3. Menggunakan celana berbahan katun dan tidak ketat
    4. Mengganti celana dalam jika basah.
    5. Menggunakan pembalut yang tidak menyebabkan iritasi / alergi
    Baca topik Keputihan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi