Tanya Dokter

  • Telapak tangan dan kaki bayi usia 7 bulan selalu keringat dingin

  • Malam dok, saya mau nanya anak saya baru usia 7bln, kenapa ya tiap hari telpak kaki dan tangannya selalu keringet dingin? Apa itu tandanya anak saya super aktif atau ada penyakit lain? Terimaksh dok, tolong infonya ya. Slmt malam.

    Tlg responnya secepat mungkin ya dok.

    Hai Putri,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Keringat normalnya diproduksi sebagai salah satu cara tubuh mengeliminasi sisa metabolisme. Selain itu, keringat juga bisa diproduksi sebagai upaya normal tubuh untuk mengeluarkan kelebihan panas sehingga tubuh pun menjadi lebih dingin. Ada beberapa bagian tubuh yang memiliki kelenjar keringat lebih banyak, salah satunya area telapak tangan dan juga kaki. Selain itu, area tubuh lain yang berambut juga seringkali dihuni oleh banyak kelenjar keringat. Hal ini menyebabkan produksi keringat pada area ini lebih mudah diamati dibanding bagian tubuh lainnya.

    Beberapa kondisi yang normal membuat produksi keringat meningkat pada bayi yakni:

    • Kondisi lingkungan yang panas atau gerah (termasuk bila Anda memberikan bayi Anda pakaian yang berbahan panas atau tebal)
    • Aktifitas dan mobilitas yang tinggi
    • Habis makan atau minum, terutama makanan panas

    Atau, bisa juga produksi keringat bayi Anda meningkat karena ia mengalami suatu gangguan medis tertentu, misalnya:

    Coba amati dengan lebih teliti, kapan saja bayi Anda mengeluarkan keringat berlebih? Apakah tidak ada pencetus yang normal sebagaimana disebutkan di atas?

    Apabila ya, sebaiknya Anda periksakan langsung bayi Anda ke dokter spesialis anak. Biasanya, dokter akan melakukan dulu evaluasi fisik menyeluruh untuk mengidentifikasi kemungkinan kondisi yang normal atau tidak. Bila dicurigai suatu kondisi yang abnormal, dokter bisa mengarahkan anak Anda untuk menjalani tes laboratorium, rontgen, atau pemeriksaan penunjang lainnya sebelum menentukan penanganan terbaik.

    Saat ini, coba Anda berikan bayi Anda pakaian yang berbahan sejuk serta menyerap keringat. Kondisikan juga lingkungan sekitar bayi Anda agar nyaman, tidak gerah atau panas, dan juga bersih. Susui bayi Anda ASI dan beri juga ia MPASI yang bergizi agar daya tahan tubuhnya terjaga dengan baik. Apabila suhu tubuh bayi Anda naik di atas 37,5 derajat celcius, kompres area leher, ketiak, atau selangkangannya dengan air hangat agar turun suhu tubuhnya.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah