Tanya Dokter

  • Demam naik turun dan sakit kepala

  • Dok, nama saya pipin nadia umur saya 17th. Saya mengalami demam naik turun selama 3hari disertai dengan mual sakit kepala tidak tertahankan demamnya naik pada siang sampai malam hari padahal pada hari kedua saya sudah masuk rumah sakit dan diinfus pulang dari situ saya membaik dan diizikan pulang kerumah, kata dokter itu saya hanya gejala tifus rumah sakit itu memberi obatobatan tapi pada hari ke tiga suhu badan saya naik drastis dan sakit kepala tak tertahankan. kira kira saya mengidap penyakit apa ya dok? Terima kasih.

    Hai Vivinny. Tifus sendiri merupakan suatu infeksi akibat bakteri yang menyerang usus, empedu, dan hati. Infeksi ini sendiri biasanya disebabkan oleh higienitas makanan dan minuman yang kurang baik. Kondisi ini sendiri dapat memberikan gejala seperti demam terutama sore menjelang malam, mual, pusing, muntah, diare ataupun konstipasi. Penanganan dari kondisi ini sendiri berupa antibiotik untuk membasmi bakteri tersebut. Selama bakteri tersebut masih ada dan masih menginfeksi, maka anda masih dapat merasakan gejalanya. Selain obat, anda perlu bed rest, mengonsumsi makanan yang bersih dan higienis serta rendah serat untuk meringankan kerja usus yang terinfeksi seperti ayam rebus, sayuran rebus, serta budayakan cuci tangan sebelum dan sesudah makan.  

    Kemudian, penyebab lain dari kondisi yang anda alami  dapat berupa demam berdarah, infeksi lain seperti gastroenteritis, meningitis, tergantung organ yang terkait. 

    Konsultasikan dengan dokter anda mengenai kondisi yang anda alami untuk penanganan dan informasi lebih lanjut. Jika kondisi anda tidak membaik, semakin parah, maka anda perlu berkonsultasi kembali dan diskusikan kembali mengenai kondisi anda dengan dokter. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa