Tanya Dokter

  • Konsumsi minuman yang mengandung kolagen

  •  Dina NuRisqy
    Anggota

    Kalau mengkonsumsi minuman yg mengandung kolagen apakah tubuh bisa menerima dgn baik kandungan kolagen nya??? Soalnya kalau ga nerima dgn baik kan sia2 aja dok minum kolagen nya.

    Halo Dina, 

    Kolagen ialah protein penting yang menjaga jaringan dan tulang. Pada kulit, kolagen memberikan struktur dan elastisitas kulit. Kolagen mengandung asam amino hydroxyproline, yang merangsang kulit memproduksi asam hyaluronat untuk menjaga kelembaban kulit. Kolagen sebenarnya diproduksi oleh tubuh secara alami, tetapi semakin bertambahnya usia, produksinya akan semakin berkurang.

    Jika kita mengonsumsi protein kolagen melalui saluran cerna, enzim pada saluran pencernaan akan memecahnya. Jadi manfaatnya sebenarnya masih diragukan, walaupun ada "science report" bahwa minuman kolagen bermanfaat. Tetapi Anda tidak dilarang mengonsumsinya jika memang dirasa perlu dan manfaatnya dirasakan oleh Anda. Pastikan minumannya sudah terdaftar BPOM. 

    Untuk merangsang atau mencegah kerusakan kolagen pada kulit, lebih efektif menggunakan krim misalnya yang mengandung vitamin C. Melembabkan kulit dengan pelembab yang mengandung gliserin atau asam hyaluronat bisa membantu memperbaiki kondisi kulit. Tabir surya dengan perlindungan UVA yang tinggi bisa menjaga kolagen dari kerusakan akibat sinar matahari. 

    Bacalah: Makanan yang Mengandung Kolagen

    Salam, 

    dr. Mega