Tanya Dokter

  • penyebab tangan dan kaki kram saat hamil

  •  Fety Tamara
    Anggota

    Dok , Bagaimana Cara mengatasi Kolestrol saat Hamil 8bln . Dan Kaki Kram tangan juga kram ??

    Hai Fety,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Kolesterol merupakan salah satu substansi yang dibutuhkan dalam sintesis hormon kehamilan, yakni estrogen dan juga progesteron. Hal ini penting juga peranannya dalam menyokong perkembangan janin dalam kandungan Anda. Oleh karenanya, peningkatan kadar kolesterol darah (hiperkolesterolemia) saat hamil sesungguhnya belum tentu merupakan suatu kelainan. Menurut beberapa literatur, ibu hamil masih wajar mengalami peningkatan kadar kolesterol sebanyak 25 hingga 50 %. Berbeda dengan hiperkolesterolemia pada umumnya, hiperkolesterolemia pada ibu hamil yang tidaklah bersifat atherogenik (memicu pertumbuhan plak atherosklerosis) dan akan menurun dengan sendirinya seusai persalinan.

    Namun, memang kolesterol yang berlebih saat hamil juga bukannya tidak menimbulkan risiko sama sekali. Hiperkolesterolemia bisa membuat ibu berisiko lebih besar mengalami gangguan pada jantung dan pembuluh darah, terlebih apabila ibu sebelumnya memang sudah memiliki riwayat penyakit, seperti hipertensi, penyakit jantung, atau stroke.

    Karenanya, diperlukan evaluasi lebih lanjut, berapa persisnya kadar kolesterol Anda? Apakah hiperkolesterolemia yang Anda alami murni disebabkan oleh kehamilan, atau ada faktor lain yang mendasarinya?

    Hiperkolesterolemia seringkali tidak memunculkan keluhan yang berarti. Namun, pada beberapa orang yang sensitif, bisa juga kondisi ini menyebabkan rasa kaku, kram, nyeri, dan tidak nyaman lainnya, terutama di sekitar tulang belakang, punggung, atau juga tangan dan kaki. Selain itu, bisa juga kram di tangan dan kaki Anda terjadi akibat faktor lain, misalnya perubahan hormonal saat hamil, penekanan berlebihan yang membuat aliran darah tidak lancar, defisiensi vitamin atau mineral tertentu, syaraf kejepit, infeksi virus atau bakteri, diabetes, dan sebagainya.

    Anda sebaiknya memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis kandungan terkait kondisi yang Anda alami ya.. Dokter biasanya akan melakukan tes laboratorium atau juga USG untuk menentukan penanganan terbaik.

    Sementara ini, Anda bisa jalani langkah berikut:

    • Perbaiki pola makan Anda, kurangi makanan yang tinggi kolesterol, misalnya goreng-gorengan, jeroan, santan
    • Perbanyak makan sayur dan buah-buahan
    • Perbanyak makan kacang-kacangan
    • Minum yang cukup
    • Aktif bergerak dan beraktifitas, jangan terlalu banyak diam
    • Hindari penggunaan alas kaki, jam tangan, atau perhiasan yang terlalu ketat
    • Kompres tangan dan kaki yang kram menggunakan kompres hangat
    • Bila perlu, minum obat paracetamol agar kram membaik

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah