Tanya Dokter

  • Apakah virus HPV dapat menyababkan kanker serviks?

  •  Dara uma
    Anggota

    Salam dok. 2 minggu yg lalu sy melakukan laser kondilom. Sampai skrg masih masa pemulihan.Sy mmbaca artikel kalo kondilum ini dsbabkan oleh virus HPV. Apa bnr Virus ini bs menyebabkan kanker servik juga ya dok? Yg sy tanyakan... Kapan waktu yg tepat melakukan pap smear atau tes yg lain ?

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondiloma akuminata atau kutil kelamin adalah kutil pada area kelamin yang disebabkan oleh infeksi virus Human Papilloma Virus (HPV). Penularan terjadi melalui kontak fisik secara langsung. Yang beresiko menderita infeksi ini adalah yang seksual aktif, sering bergonta ganti pasangan, dan pernah menderita penyakit menular seksual.

    Virus HPV juga diketahui dapat menyebabkan kanker leher rahim (serviks). Ada banyak tipe virus HPV dan tidak semua HPV dapat menyebabkan kanker. Beberapa jenis HPV yang berbahaya dan bisa menyebabkan kanker yaitu HPV tipe 16 dan 18. Jadi virus HPV ada yang menyebabkan kondiloma dan ada yang menyebabkan kanker, tergantung dari tipe virus tersebut. 

    Screening perlu dilakukan untuk mendeteksi kanker sedini mungkin, yaitu dengan melakukan pemeriksaan pap smear. Pemeriksaan pap smear disarankan terutama pada wanita berusia 25-49 tahun setiap 3 tahun sekali. Untuk itu Anda bisa melakukan pap smear sesuai saran dokter yang menangani Anda atau mungkin setelah masa pemulihan. Untuk mencegah kanker serviks ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

    • Vaksin HPV. Vaksin ini dapat memberi perlindungan terhadap tipe virus HPV tertentu.
    • Melakukan hubungan seks yang aman dengan memakai kondom dan tidak bergonta ganti pasangan.
    • Tidak merokok.

    Artikel berikut sesuai topik pertanyaan Anda di:

    • https://www.alodokter.com/kondiloma-akuminata-kutil-kelamin-yang-mengganggu-dan-cara-penanganannya
    • https://www.alodokter.com/kanker-serviks/pencegahan

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.