Tanya Dokter

  • sakit perut kanan atas disertai mual muntah saat hamil

  •  Sitii
    Anggota
    Halo dok.saya mau bertanya saya wanita hamil dan kemarin cek lab dinyatakan HbSag saya reaktif dan saat ini yang saya rasakan sakit dibagian atas perut sebelah kanan dan mual muntah. jujur saja saya bingung harus bagaimana saya minta saran dari dokter apa yang harus saya lakukan makanan apa yang harus saya hindari dan makanan apa yang harus saya konsumsi
    Sitii  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Sitii,

     

    HBsAg merupakan (hepatitis B surface antigen) merupakan salah satu bagian dari pemeriksaan hepatitis B untuk mendeteksi adanya virus hepatitis B di dalam tubuh. Hepatitis B adalah penyakit infeksi akibat virus yang menyerang organ hepar atau hati. Virus ini didapatkan dari kontak dengan darah orang yang tertular virus hepatitis B, ataupun cairan tubuh dari orang yang terinfeksi. 

     

    Beberapa perilaku yang berisiko tertular infeksi hepatitis B diantaranya dengan narkoba terutama jenis jarum suntik, melakukan hubungan intim dengan orang yang terinfeksi, menggunakan alat bantu seksual dengan orang yang terinfeksi atau pada tindakan donor darah yang tercemar.

     

    Pada kondisi dimana terjadi infeksi hepatitis B terutama saat kehamilan, lakukanlah pengobatan dengan rutin untuk menekan infeksi virus hepatitis B serta lakukanlah kontrol dengan rutin dengan dokter yang memberikan pengobatan serta dokter spesialis kandungan untuk melakukan pemantauan pada kehamilan yang terjadi. Tidak ada pantangan makanan secara khusus pada infeksi hepatitis B namun hindari paparan asap rokok dan minuman beralkohol. Hindari juga konsumsi obat-obatan secara bebas tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Anda dapat mengompres perut bagian kanan atas untuk meredakan rasa nyeri dengan menggunakan air hangat. Hindari juga melakukan perilaku seksual yang berisiko untuk mencegah penularan infeksi.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.


    Salam,

     

    dr. Irvandi