Tanya Dokter

  • Aturan pakai obat profertil saat tidak haid

  •  winsa1103
    Anggota

    Selamat siang dok, Saya Nisa mau tanya sebelumnya kan saya lagi promil , terakhir konsultasi di kasih obat profertil, itu di konsumsinya kan 1x1 dimulai hari kedua haid, trus jika haid sudah tidak keluar apa harus tetap di konsumsi sampai abis, soalnya saya di kasih 5 tablet sedangkan keluar haid nya saya cuman sampai 3 hari doang. Mohon di bantu ya dok..

    winsa1103  dr. Danny
    Dokter

    Hai,

    Obat profertil adalah obat yang digunakan untuk menstimulasi / merangsang terjadinya ovulasi. Kandungannya terdiri dari chlomiphene citrate yang menstimulasi pelepasan serangkaian hormon pada otak yang menyebabkan pertumbuhan folikel indung telur dan membantu terjadinya ovulasi.

    Obat ini digunakan sebagai obat penyubur kandungan pada wanita yang mengalami gangguan ovulasi / pembentukan sel telur. Penggunaan obat ini harus dengan pengawasan dokter dan sebelumnya harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk menyingkirkan kondisi yang tidak boleh diberikan obat ini. Dosis yang direkomendasikan biasanya 1x sehari selama 5 hari sesuai yang dianjurkan dokter yang memeriksa Anda.  Bila obat sudah habis, lakukan kontrol ulang untuk menilai terapi dan petunjuk selanjutnya atau sesuai waktu kontrol ulang yang telah ditetapkan sebelumnya. 

    baca hal terkait program hamil

    semoga bermanfaat, terimakasih

    dr. Danny