Tanya Dokter

  • penyebab kram perut bawah sampai kaki

  •  Juuli
    Anggota

    Malam dok.. Saya mau tanya donk.. Mama saya umur 63tahun yg tentunya sudah menopouse, mengalami kram perut bagian bawah seperti mau haid dan bukan hanya perut bagian bawahnya yg sakit, tp kedua kakinya juga jadi lemas.. Ada periksa ke dokter umum, katanya angin.. Karna rasa sakit itu jadi mama saya gosok2 dibagian yg sakit, dan timbul memar2.. Apakah ini berbahaya atau tidak, Trims sebelumnya..

    Hai Juuli,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Kram perut bawah memang tidak hanya bisa terjadi pada wanita yang masih subur. Penyebab kram ini bisa banyak, di antaranya yakni:

    Lemas di kedua kaki yang ibu Anda alami bisa muncul akibat menahan nyeri yang sangat hebat. Atau, bisa juga, lemas ini terjadi berkaitan dengan syaraf kejepit, stroke (defisit neurologis akibat pecah atau tersumbatnya pembuluh darah di otak), dehidrasi (kurang cairan), hipoglikemia (gula darah rendah), hipotensi (tekanan darah rendah), anemia (hemoglobin darah rendah), infeksi virus atau bakteri, gangguan psikosomatis, dan sebagainya.

    Sebaiknya beri pengertian pada ibu Anda untuk berhenti menggosok-gosok berlebihan perutnya yang nyeri supaya tidak timbul iritasi. Untuk mengurangi nyeri, ia bisa mengompres perutnya menggunakan air hangat sembari memperbanyak istirahat. Bisa juga, ia mengkonsumsi obat pereda nyeri, misalnya paracetamol agar nyeri membaik. Makanlah dengan teratur, kurangi makanan pedas, dan perbanyak minum air hangat. Ingatkan ia untuk tidak mengangkat beban berat secara berlebihan atau terlalu lama membungkuk.

    Selain itu, periksakan langsung ibu Anda ke dokter supaya dilakukan evaluasi lebih lanjut terkait apa yang mungkin menyebabkan keluhannya. Dokter mungkin juga akan melakukan tes lanjutan, seperti laboratorium, rontgen, CT scan, dan sebagainya agar penanganan bisa dilakukan tepat sasaran.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah