Tanya Dokter

  • Apakah krim perawatan wajah bisa membuat ketergantungan?

  • Assalamualaikum dokter, saya afina 18 tahun, saya ingin bertanya sebenarnya menggunakan krim perawatan wajah itu berbahaya atau tidak? Baik perawatan wajah dari dokter atau skin care atau yang sudah diiklankan di tv? Apakah benar jika telah menggunakan suatu krim wajah tersebut, kita akan ketergantungan memakainya dan bila berhenti menggunakan wajah akan lebih bermasalah daripada sebelumnya? Mohon penjelasannya dokter. Terimakasih

    Halo,   Krim perawatan wajah yang Anda dapatkan dari dokter adalah krim yang dipastikan aman untuk digunakan dan pastinya telah sesuai dengan kondisi kulit Anda melalui pemeriksaan dokter kulit. Namun krim yang dijual di pasaran harus melalui beberapa tahapan terlebih dahulu untuk bisa dinyatakan aman untuk digunakan. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah :

    1. Terdaftar BPOM atau tidak = krim yang tidak terdaftar BPOM sebaiknya tidak digunakan karena komposisi yang tidak jelas dan bisa saja mengandung bahan berbahaya untuk kulit Anda.
    2. Segel = krim yang tanpa segel sangat rentan untuk terkontaminasi dari luar dan menyebabkan kerusakan krim yang bisa saja merugikan kulit Anda.
    3. Bahan = Bahan alami dianggap lebih aman namun biasanya memberikan efek yang lebih lambat, sehingga orang cenderung bosan menunggu sebelum mendapat hasil nyata yang mereka inginkan.
    4. Sensitifitas kulit = jika Anda memiliki kulit sensitif sebaiknya Anda tidak mencoba jenis krim yang terjual bebas tanpa melakukan pengetesan sebelumnya ke kulit Anda sendiri. Anda bisa melakukannya pada kulit tangan dan biarkan krim selama 24 jam sebelum Anda mengecek hasil.
    Ya, semua krim pada dasarnya tidak bisa dihentikan secara mendadak, perlu pengurangan dosis secara bertahap agar tidak menimbulkan reaksi samping yang justru membuat kulit bertambah rusak. Konsultasikan permasalahan kulit Anda ke dokter kulit dan pilihlah krim yang bisa dipercaya daripada hanya mempercayai testimoni atau omongan orang saja. Krim yang cocok untuk 1 orang belum tentu cocok untuk Anda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Terimakasih dok