Tanya Dokter

  • Pengaruh facial terhadap jerawat dan kulit berminyak

  •  tini aristi
    Anggota

    Selamat sore dok, saya wanita 24th. Kulit saya berminyak dan memiliki cukup banyak jerawat. Saya sudah mencoba ke dokter kecantikan, selama setahun setengah saya mengunakan krim dokter tersebut tapi tidak ada perubahan. Jerawat saya hilang jika saya facial aja, jika tidak melakukan facial selama lebih dari 1 bln maka jerawat akan banyak lagi. Kemudian saya berhenti menggunakan dokter tsb, krn saya baca jika sering facial akan memperbesar pori2, terlebih di dokter tsb selalu disarankan untuk facial.

    Seminggu yg lalu saya mencoba ke lain dokter, dsna saya tidak boleh facial.

    Pertanyaan saya;

    1. Kapan waktu yg baik untuk facial?

    2. Di dokter sebelumnya, saya di sarankan untuk memakai sunblok. Tapi yg dokter baru gak boleh pakai sunblok krn berjerawat. Sedangkan di dokter teman saya, dy jg d beri sunblock. Menurut dokter, sebenarnya kita diwajibkan pakai sunblock/sunscreen tidak?

    Apakah jam 7-9 pagi masih baik untuk kita berada di luar rumah tanpa sunblock.

    Terimakasih dok atas penjelasannya.

     

    Selamat pagi, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Jerawat merupakan salah satu kelainan kulit yang paling mengganggu penampilan karena letaknya yang sering muncul pada wajah. Meskipun kulit berminyak merupakan salah satu faktor risiko terjadinya jerawat, kondisi lain bisa juga membuat seseorang lebih rentan untuk terkena jerawat seperti genetik atau keturunan, stress, konsumsi makanan berlemak, berada di lingkungan berminyak seperti dapur, polusi juga asap.

    Facial merupakan salah satu prosedur kecantikan yang dinilai bermanfaat dalam meremajakan kulit dengan meningkatkan aliran darah dengan bantuan teknik pijatan tertentu, membersihkan kulit dan membuka pori-pori. Mengenai waktu yang tepat dalam artian seberapa sering facial bisa dilakukan, hal ini sangat berbeda-beda tergantung dari tipe kulit, umur dan seberapa banyak polusi yang mengenai wajah Anda.

    Dengan umur sekitar 18-22 tahun, facial dilakukan dengan jeda sekitar 8-10 minggu dan bila pada usia yang lebih tua, khususnya lebih dari 30 tahun, facial sebulan sekali diperbolehkan. Namun sekali lagi, angka ini hanya perkiraan dan untuk tepatnya, harus berdasarakan pemeriksaan dokter di klinik kecantikan atau dokter kulit.

    Penggunaan tabir surya diperbolehkan, khususnya jika Anda sering terpapar sinar matahari. Bila kulit Anda berminyak, gunakan tabir surya yang bebas kandungan minyak atau yang berbahan alkohol atau gel. Untuk lebih spesifik mengenai jenis-jenis tabir surya yang cocok bagi Anda, Anda bisa mengklik link berikut menuju artikel kami tentang Tabir Surya. Mengenai rentang waktu pagi yang Anda sebutkan, karena peningkatan suhu lingkungan sekarang, jika tidak ingin menggunakan tabir surya maka Anda bisa menggunakan topi atau setidaknya tidak terpapar langsung oleh sinar matahari.

    Selain itu saran kami, cuci muka Anda setidaknya 2x sehari menggunakan sabun yang memiliki kandungan sulfur, dan hindari polusi sebisa mungkin serta perbanyak konsumsi air putih juga makanan kaya nutrisi seperti sayur dan buah. Klik link berikut untuk informasi lebih lanjut tentang Mengatasi Jerawat. Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Amadeo D. Basfiansa